TribunLampung/
Home »

Sport

» MotoGP

Ada Kemungkinan Balapan MotoGP Qatar Digeser ke Senin

Wacana untuk menggelar balapan GP Qatar pada siang hari atau mundur menjadi Senin muncul menyusul buruknya

Ada Kemungkinan Balapan MotoGP Qatar Digeser ke Senin
MOTOGP.COM
Kondisi lintasan Sirkuit Internasional Losail, Qatar, yang terguyur hujan, Sabtu (25/3/2017). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Wacana untuk menggelar balapan GP Qatar pada siang hari atau mundur menjadi Senin muncul menyusul buruknya kondisi lintasan Sirkuit Internasional Losail saat terguyur hujan.

Genangan air di lintasan pada Sabtu (25/3/2017) malam membuat semua sesi yang seharusnya digelar hari itu dibatalkan, termasuk sesi latihan bebas keempat dan kualifikasi MotoGP.

"Kami memonitor cuaca dan sayangnya tidak akan terlalu bagus pada besok (Minggu) pagi. Sepertinya besok pagi akan hujan," kata perwakilan Safety Commision MotoGP, Loris Capirossi, Sabtu malam.

"Hujan sepertinya akan berhenti pada pukul 11.00 (15.00 WIB) dan sepanjang sore akan bagus, semoga, tetapi kita tidak bisa mengontrol cuaca," ucap dia lagi.

Capirossi lalu mengatakan bahwa kemungkinan menggeser balapan menjadi Senin (27/3/2017) memang ada, jika balapan tidak mungkin lagi digelar pada Minggu (26/3/2017).

"Jika Minggu malam tidak banyak air di lintasan, kami bisa mengijinkan pebalap turun ke lintasan untuk melihat situasinya. Jika menurut pebalap tidak masalah, kita bisa balapan dan melakukan semuanya dengan normal," kata Capirossi.

Capirossi menegaskan bahwa keputusan untuk balapan atau tidak akan ada di tangan para pebalap. Karena alasan itulah, para pebalap dikasih kesempatan untuk mencoba turun ke lintasan saat hujan.

"JIka ternyata hujannya lebat dan terjadi kondisi seperti hari ini, kami akan cari solusi berbeda. (Balapan) bisa dibatalkan, normalnya kami tidak ingin begitu. Tetapi, mungkin bisa kita geser ke Senin, seperti pada 2009," ujar dia lagi.

Capirossi menjelaskan bahwa masalah utama yang dialami di Sirkuit Losail adalah tidak adanya drainase atau saluran air yang layak, sehingga lintasan suilit untuk dibersihkan dari genangan air.

"Dengan pengalaman hari ini, siang atau malam, tetap tidak mungkin untuk balapan saat hujan," kata pria yang pernah menjadi juara dunia kelas 125cc dan 250cc tersebut.

"Tanpa drainase, tidak ada bedanya antara siang atau malam. Ini bukan karena kita di Qatar, tetapi semua lintasan akan sama. Ketika ada terlalu banyak air di lintasan, kami harus membatalkan (sesi atau balapan)," ujar dia.

Dengan dibatalkannya sesi kualifikasi, posisi start balapan ditentukan dari hasil kombinasi sesi latihan bebas pertama hingga ketiga.

Di kelas MotoGP, Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP) berhak atas pole position.

Editor: taryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help