Hariyanto Tak Menyangka Wakili Lampung di Daihatshu Skill Contest

Berawal dari coba-coba, Hariyanto (19) tidak menyangka bisa menjuarai Daihatshu SMK Skill Contest regional Sumatra

Laporan Reporter Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Berawal dari coba-coba, Hariyanto (19) tidak menyangka bisa menjuarai Daihatshu SMK Skill Contest regional Sumatra akhir tahun 2016 lalu.

Siswa kelas XII SMK Negeri 5 Bandar Lampung ini kemudian menjadi satu-satunya dari Sumatra yang bertanding pada gelaran Daihatsu di Jakarta melawan perserta dari seluruh Indonesia.

“Saya tidak berfikir akan jadi juara di regional Sumatra, niatnya hanya mencoba sejauh mana mengatasi kerusakan mobil,” ungkapnya, Sabtu (1/4).

Pemuda ini mengaku informasi perlombaan dari pamflet yang terpampang di ruang praktek sekolah. “Saat itu juga saya mendaftar via online, jadi pemberkasan dan tes pertama kedua semua lewat internet,” jelasnya.

Pihak sekolah tidak mengetahui jika Hari telah mengikuti tes SMK Skill Contest. “Sebegitu lolos hingga tahap regional, pihak sekolah baru tahu dan mendukung saya dalam ajang ini,” ujarnya.

SMK Skill Contest sendiri adalah perlombaan ajang adu kompetensi siswa SMK dibidang otomotif. Para peserta akan diadu kecepatan serta skill untuk memperbaiki kerusakan kendaraan roda empat dengan waktu yang telah ditentukkan.

Namun perjuangan untuk mengikuti perlombaan ini tidak lah mudah bagi Hari. Pikirannya harus terbagi antara lomba dan PKL. “Waktu perlombaan itu memang saya sedang PKL di Matraman Jakarta,” tuturnya.

Hari sempat tidak tenang selama satu minggu menjelang perlombaan SMK Skill Contest regional Sumatra di Medan. “Malam susah tidur kepikiran terus,” katanya.

Untuk melatih skilnya, hari meminta secara pribadi latihan khusus kepada mekanik tempatnya PKL. “Sebenarnya persiapan pendek, cuman seminggu setelah pengumuman langsung lomba praktek, jadi tiga hari digodok dan empat hari pendinginan dengan materi teori,” jawabnya.

Halaman
12
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help