Balai Karantina Pertanian Amankan Ratusan Burung Tanpa Dokumen

Penanggung Jawab BKP kelas I Wilker Bakauheni, Azhar mengatakan, burung-burung tersebut disimpan di dalam bagasi kendaraan.

Balai Karantina Pertanian Amankan Ratusan Burung Tanpa Dokumen
TRIBUN LAMPUNG/Dedi Sutomo

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Balai Karantina Pertanian (BKP) kelas I Bandar Lampung Wilker Bakauheni mengamankan ratusan ekor burung berbagai jenis, yang hendak dikirim ke Jakarta tetapi tidak dilengkapi dokumen, Selasa (4/4/2017).

Bekerja sama dengan polisi di Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni, BKP mengamankan ratusan burung itu di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni.

Burung berbagai jenis tersebut diangkut bus ALS jurusan Medan–Jakarta.

Penanggung Jawab BKP kelas I Wilker Bakauheni, Azhar mengatakan, burung-burung tersebut disimpan di dalam bagasi kendaraan.

“Sopir bus tidak bisa menunjukkan surat resmi, yang dipersyaratkan untuk pengangkutan komoditas hewan, dari tempat asal barang,” ujarnya.

BACA JUGA: "Iya Nanti ke Sana," Jawab Gadis Ini yang Kemudian Pulang Sudah Tak Bernyawa

Menurut keterangan sopir bus, ratusan burung jenis cucak ranting, cucak keling, cucak uji mini, ciblek, pleci, dan gelatik sawah itu berasal dari Padang Sidempuan.

BKP kemudian melepasliarkan burung-burung tersebut, untuk menghindari banyaknya burung yang mati akibat terlalu lama dalam perjalanan.

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help