TribunLampung/

Bisakah Peserta BPJS Minta Rujukan di Puskesmas Natar ke Metro?

Pemilihan FKTP agar disesuaikan dengan alamat domisili terbaru peserta sehingga peserta ketika akan mengakses pelayanan kesehatan tidak terdapat kenda

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Yth BPJS Kesehatan. Saya mau tanya kalau minta rujukan di Puskesmas Natar untuk ke Metro apa tidak bisa dan apa peserta BPJS harus berobatnya di daerah masing - masing.

Soalnya, mertua saya minta rujukan di Natar untuk ke Metro tidak diberi dan dianjurkan dengan petugas puskes pindah alamat dulu. Mertua saya peserta BPJS alamat Natar buatnya di Metro. Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6281271647xxx

Sesuai Prosedur dan Alur Rujukan Berjenjang

Kami sampaikan terima kasih bapak/ibu atas pertanyaannya, dan dapat kami informasikan bahwa untuk mendapatkan hak peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan adalah sesuai dengan prosedur dan sesuai indikasi kebutuhan medis peserta.

Salah satunya adalah alur rujukan berjenjang, dimana peserta JKN KIS yang akan berobat wajib melalui Fasilitas Kesehatan TK Pertama (FKTP) dimana peserta terdaftar dan selanjutnya apabila sesuai kebutuhan medis harus dirujuk ke Faskes TK Lanjutan maka dokter di FKTP akan memberikan rujukan ke RS Type D/C terdekat sesuai alur rujukan berjenjang.

Selanjutnya kami informasikan dalam pemilihan FKTP agar disesuaikan dengan alamat domisili terbaru peserta sehingga peserta ketika akan mengakses pelayanan kesehatan tidak terdapat kendala.

Pendaftaran peserta JKN KIS dapat dilakukan di seluruh Indonesia tetapi alamat domisili dan pemilihan FKTP agar disesuaikan dengan domisili terbaru peserta.

Kesimpulannya benar bahwa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan peserta JKN KIS harus sesuai prosesur dan alur rujukan berjenjang.

Edi Wiyono
Ka. Unit Manajemen Kepesertaan dan UPMP4
BPJS Kesehatan Bandar Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help