Malas Cuci Muka Sebelum Tidur? Ini Efeknya Bagi Kecantikan Kulit

Kulit wajah yang tertutupi aneka makeup, mengakibatkan pori-porinya tertutup sehingga kulit tak bisa bernapas dengan leluasa.

Malas Cuci Muka Sebelum Tidur? Ini Efeknya Bagi Kecantikan Kulit
Tabloidnova.com
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Sepulang beraktivitas, tempat tidur memang terlihat sangat menggoda.

Rasanya kita ingin merebahkan diri sejenak untuk menghilangkan lelah; sampai-sampai, tanpa sadar kita tertidur tanpa menghapus riasan wajah.

Bisa dibayangkan, riasan wajah berupa foundation, bedak, maskara, eyeliner, lipstik, dan lainnya, masih melekat di wajah selama kita tidur.

Artinya, bila kita mulai berdandan pukul 07.00 dan baru membersihkan wajah pukul 05.00 keesokan harinya, selama 22 jam produk-produk tersebut melapisi dan "menyiksa" wajah.

Tahu enggak, apa akibatnya jika malas mencuci muka sebelum tidur?

Kulit wajah yang tertutupi aneka makeup, mengakibatkan pori-porinya tertutup sehingga kulit tak bisa bernapas dengan leluasa. Kebiasaan ini juga bisa memicu munculnya jerawat dan kerutan di wajah.

Ditambah, partikel sisa-sisa kotoran makeup tersebut bisa menempel di bantal serta mengendap di sana.

Tak hanya berhubungan dengan kesehatan kulit, maskara yang tak dibersihkan sebelum tidur pun ternyata membuat bulu mata berpotensi menggores kornea mata kita.

Jadi, coba pikir lagi. Ketimbang harus menjalani perawatan lebih lanjut, seperti menghilangkan bekas jerawat serta kerutan, lebih baik sisihkan waktu setidaknya 10 menit sebelum tidur untuk membersihkan wajah dari makeup.

TIPS
Bukan untuk dilakukan setiap hari, namun untuk keadaan darurat, sebaiknya sediakan satu botol pembersih wajah beserta kapas di tempat yang bisa dijangkau dari tempat tidur

Setidaknya, menghapus riasan wajah hanya dengan toner masih lebih baik daripada tidak sama sekali.

Tags
Make Up
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tabloid Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help