Liputan Khusus Tribun Lampung

Mau Pakai Obat Cina Usai Cesar? Cek Keasliannya

Saat mendapat kesempatan berkunjung ke Beijing, Tiongkok, dokter spesialis kandungan Taufiqurrahman Rahim sengaja menyempatkan diri mendatangi

Mau Pakai Obat Cina Usai Cesar? Cek Keasliannya
TRIBUN LAMPUNG CETAK

Laporan Reporter Tribun Lampung Noval Andriansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Saat mendapat kesempatan berkunjung ke Beijing, Tiongkok, dokter spesialis kandungan Taufiqurrahman Rahim sengaja menyempatkan diri mendatangi beberapa toko obat.

Ia hendak bertanya mengenai kandungan obat bermerek Pien Tze Huang, atau di Indonesia lebih dikenal sebagai obat Cina, yang banyak digunakan pasiennya setelah operasi cesar.

Obat Cina dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan luka usai operasi cesar.

Tetapi secara medis, ketidakjelasan kandungan obat membuat tenaga medis tidak menyarankan penggunaan obat itu. Apalagi, keaslian obat yang beredar sulit dibuktikan.

“Apa saja isinya (kandungan obat) ternyata kurang jelas. Pemilik tokonya juga bilang hati-hati menggunakan obat itu. Karena, obat itu sudah banyak dipalsukan,” ungkap Taufiqurrahman, Kamis (30/3/2017).

Karena komposisi obat yang tak diketahui, Taufiqurrahman menjelaskan, dampak akibat penggunaan obat tersebut pun belum bisa dipastikan.

BACA JUGA: Peminat Hotel Bujet di Lampung Naik Drastis

Apalagi jika obat yang digunakan palsu, risiko bahaya akan semakin besar.

“Jadi ketika ada pasien saya yang ingin menggunakan obat itu, pada prinsipnya tidak ada larangan. Tetapi, dokter juga tidak menganjurkannya,” terang Taufiqurrahman.

Halaman
1234
Penulis: Noval Andriansyah
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help