Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Masjid Jami Al-Yaqin Pernah Dipugar Total oleh Mantan Wali Kota

Lalu, ada penambahan pada tahun 2000 bagian bawah, tahun 2008 - 2016 dibawah pimpinan H. Zainal Abidin.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemugaran pertama kali Masjid Jami' Al-Yaqin yang berlokasi di Jl Raden Intan, Bandar Lampung yakni pada tahun 1912 dengan tidak terlalu banyak perubahan hanya diperlebar saja setelah dipindah kemudian dipugar.

"Itu awalnya ada wakif tanahnya yakni H. Muhidin dan H. Muhamad Yaqin, yang kemudian oleh kedua orang tersebut diwakafkan tanah untuk pembangunan masjid," papar Hadi Yuli, Sekretaris Yayasan Masjid Jami' Al-Yaqin, Kamis (20/4/2017).

Kemudian sempat beberapa kali dilakukan pemugaran kembali yaitu awalnya di tahun 1963 dari semi permanen menjadi permanen, tahun 1990, pemugaran lagi dilakukan oleh mantan Walikota (walkot) Bandar Lampung Drs. H. Nurdin Muhayat dengan perubahan total.

Lalu, ada penambahan pada tahun 2000 bagian bawah, tahun 2008 - 2016 dibawah pimpinan H. Zainal Abidin banyak perubahan seperti pada tahun 2009 penambahan ruang wudhu, ruang salat pada sayap kiri kanan di dekat pengimaman.

"Masjid Jami' Al-Yaqin saat ini difungsikan selain rutin sebagai sarana tempat ibadah oleh umat muslim juga digunakan sebagai Taman Pendidikan Al-Quran (TPA)," tukasnya. (eka)

Tags
Masjid
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help