TribunLampung/

5 Bagian Tubuh yang Harus Dilindungi dari Sinar UV

Kerusakan yang mungkin ditimbulkan antara lain sunburn, penuaan dini, serta risiko terkena kanker kulit.

5  Bagian Tubuh yang Harus Dilindungi dari Sinar UV
klikdokter
punggung 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Tinggal di negeri tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun sungguh menyenangkan, bukan? Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di luar ruangan.

Meski demikian, berhati-hatilah karena di balik kesenangan ini ada bahaya sinar UV (ultraviolet) yang mengintai.

Tingginya intensitas sinar matahari menyebabkan paparan terhadap radiasi UV juga meningkat. Ingat, terlalu banyak terekspos UV dapat membahayakan kesehatan kulit.

Kerusakan yang mungkin ditimbulkan antara lain sunburn, penuaan dini, serta risiko terkena kanker kulit.

Untuk mengurangi dampak buruk tersebut, mulailah rajin memakai SPF lotion. Namun, itu saja tidak cukup. Menghindari paparan sinar matahari antara pukul sepuluh pagi hingga pukul dua siang juga penting. Sebisa mungkin, lindungi juga area tubuh yang terbuka dengan topi, payung, kacamata, dan sarana lainnya.

Area tubuh mana sajakah yang perlu dilindungi?

Wajah

Bagi Anda yang sangat memperhatikan penampilan, biasanya wajah menjadi area yang pertama kali dilindungi saat terkena sinar matahari. Sementara itu, bagi Anda yang cenderung cuek, ada baiknya mulai memperhatikan efek buruk sinar UV bagi kulit wajah. Dengan demikian, kesehatan dan kecantikan kulit wajah akan tetap terjaga.

Kulit kepala

Kulit kepala hampir selalu terkena radiasi sinar UV bila tidak dilindungi. Karena itu, area ini perlu menjadi perhatian, terutama bagi Anda yang berambut tipis atau bahkan cenderung botak.

Halaman
12
Tags
kulit
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help