TribunLampung/
Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) 1,9 Ton Daging Kerbau Beku Asal India Diamankan

Daging beku tersebut diamankan dalam razia operasi di pintu keluar pelabuhan Bakauheni pada Senin (15/5) malam.

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BAKAUHENI - Daging kerbau asal India dengan merk dagang “Alana” mulai merambah daerah Lampung. Ini dibuktikan dengan diamankannya sekitar 1,9 daging kerbau Alana yang hendak dibawa ke wilayah Bandar Jaya, Lampung Tengah oleh petugas satgas pangan dari Balai Karantina Pertanian kelas I Bandar Lampung Wilker Bakauheni.

Daging beku tersebut diamankan dalam razia operasi di pintu keluar pelabuhan Bakauheni pada Senin (15/5) malam. Daging Alana tersebut diangkut menggunakan kendaraan ColT L300.

Menurut PPNS BKP kelas I Bandar Lampung Wilker Bakauheni, Buyung Hardiyanto yang memimpin operasi razia, daging Alana asal India yang diamankan tersebut tidak dilengkapi dokumen resmi dari instansi terkait di Indonesia. Termasuk sertifikat karantina dari BKP kelas II Cilegon.

Sopir colt disel hanya menunjukan surat bukti import daging serta surat keterangan halal yang juga diterbitkan oleh otoritas halal asal India. Selain itu alat angkut yang digunakan juga tidak sesuai dengan ketentuan untuk alat angkut daging beku.

“Saat kita amankan, sopir tidak bisa menunjukan dokumen yang dipersyaratkan berdasarkan UU nomor : 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Sopir justru menunjukan surat bukti import dan surat halal dari otoritas di India,” ujarnya, Selasa (16/5).(dedi/tribunlampung)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help