TribunLampung/

Sengketa Lahan IAI Agus Salim, Wali Kota Metro: Yang Punya Tanah Itu Saya, Saya Mau Pakai

Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Agus Salim mengaku resah, lantaran terancam tidak dapat melanjutkan pendidikan setelah Pemkot Metro

Sengketa Lahan IAI Agus Salim, Wali Kota Metro: Yang Punya Tanah Itu Saya, Saya Mau Pakai
YouTube
Wali Kota Metro Achmad Pairin. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Agus Salim mengaku resah, lantaran terancam tidak dapat melanjutkan pendidikan setelah Pemkot Metro meminta pengelola IAI Agus Salim meninggalkan lahan pemkot yang mereka tempati.

"Kami baru dengar kabar tadi pagi dari media. Jika benar kampus ini mau digusur, ya kami bingung. Jujur saya sedih, saya masih semester dua. Bagaimana nasib kami ini," ungkap seorang mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga (HK) Fakultas Syariah IAI Agus Salim, Muchlis, Kamis (18/5/2017).

Tak jauh berbeda, seorang mahasiswa lain, Ade Febrianto berharap, Pemkot Metro memikirkan nasib ribuan mahasiswa, yang menempuh pendidikan di IAI Agus Salim.

"Kalau tidak ada toleransi, tidak mau memikirkan nasib kami, ya kami dengan berat hati siap turun ke jalan berbela sungkawa atas matinya dunia pendidikan di Metro. Ada ribuan orang yang menempuh pendidikan di sini, begitu juga ribuan alumni yang sudah lulus," terangnya.

Wali Kota Metro Achmad Pairin menyatakan, visi kota pendidikan dan wisata keluarga merupakan visi Pemkot Metro.

"Tanah ini kan milik pemda. Kalau Anda punya tanah, dipakai orang 50 tahun, terus ganti rugi apa. Mestinya, saya yang minta ganti rugi. Soal bangunan, ya salahnya sendiri bangun. Yang suruh bangun siapa," ujarnya, saat dikonfirmasi awak media, Kamis.

Ia mengaku, suatu kesepakatan ganti rugi menurut perjanjian bisa secara langsung batal, jika MoU bertentangan dengan undang-undang.

"Yang punya tanah itu kan saya, saya mau pakai, ya salah sendiri bangun. Dan lagi, soal kota pendidikan ya, yang punya visi pendidikan itu saya. Bukan yang lain, bukan Agus Salim ya," ungkap Pairin.

Sebelumnya diberitakan, Sebanyak 1.107 mahasiswa IAI Agus Salim, dan 200 siswa SMP Islam Metro terancam berhenti melanjutkan pendidikan.

Halaman
12
Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help