TribunLampung/

Delapan Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Cegukan dengan Cepat

Ambil satu sendok teh madu, tambahkan ke segelas air hangat dan aduk dengan baik. Cobalah untuk menaruh campuran madu di bawah lidah.

Delapan Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Cegukan dengan Cepat
net
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Rata-rata orang pernah mengalami cegukan dan rasanya sungguh tidak nyaman. Belum lagi bunyi ‘hik’ yang nyaring kerap membuat kita malu, terlebih ketika kita berada dalam forum formal. Cegukan biasanya datang tiba-tiba dan sulit dihindari.

Secara medis dijelaskan, cegukan merupakan kontraksi berulang yang terjadi pada diafragma. Ternyata cegukan bisa dipicu oleh minuman beralkohol, minuman berkarbonasi, makanan pedas, stres, dan kebiasaan makan dengan cepat.

Namun jika cegukan terjadi cukup lama dan sering bisa jadi disebabkan oleh beberapa kerusakan saraf, masalah pernapasan, masalah pencernaan atau dipicu karena konsumsi obat tertentu.

Tak perlu khawatir, dikutip dari boldsky, ternyata ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan cegukan dengan cepat. Yuk, kita coba!

1. Segelas Air Dingin
Minum segelas air dingin secepat yang kita bisa. Hal ini membantu untuk memberikan kejutan ke sistem di dalam tubuh dan menyingkirkan cegukan secara cepat. Habiskan satu gelas air dingin secara langsung, dan tanpa disadari cegukan akan hilang dengan sendirinya.

2. Madu
Ambil satu sendok teh madu, tambahkan ke segelas air hangat dan aduk dengan baik. Cobalah untuk menaruh campuran madu di bawah lidah dan kemudian telanlah. Minuman ini bisa membantu untuk menyingkirkan cegukan dengan cepat.

3. Es Batu
Ambil es batu kecil, letakkan di dalam mulut, dan terus hisap selama beberapa detik. Hal ini membantu menyingkirkan cegukan karena akan memberikan sensasi kejut untuk diafragma.

4. Kumurlah dengan Air Es
Ambil segelas air es dan berkumurlah selama sekitar satu menit. Dijamin cegukan hilang seketika!

5. Gula
Ambil satu sendok teh gula, letakkan di dalam mulut, dan hisap selama beberapa detik sampai gula mulai larut dalam mulut. Jangan mengunyah gula tersebut sebab dengan menghisap justru dapat merangsang saraf vagus dan membantu untuk menyingkirkan cegukan.

6. Selai Kacang
Ambil satu sendok teh selai kacang, letakkan di mulut selama beberapa detik, dan langsung telan tanpa mengunyah. Gerakan menelan secara langsung membuat cegukan hilang.

7. Air Lemon
Lemon memberikan efek memicu saraf. Ambil satu lemon, potong, dan peras air lemon ke dalam segelas air matang. Minum air lemon ini dengan cepat. Dalam hitungan detik, cegukan mereda.

8. Bubuk Kapulaga
Kapulaga memberikan efek relaksasi pada otot. Ambil satu sendok teh bubuk kapulaga dan campur dengan segelas air panas. Diamkan selama 10 menit kemudian saring dan minum.

Tags
Cegukan
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tabloid Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help