TribunLampung/

Awas, 7 Kebiasaan Ini Picu Jerawat Punggung

Berada di lokasi tersembunyi, jerawat punggung dapat dengan mudah terinfeksi dan meninggalkan bintik hitam.

Awas, 7 Kebiasaan Ini Picu Jerawat Punggung
Ilustrasi(Thinkstockphotos) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Berada di lokasi tersembunyi, jerawat punggung dapat dengan mudah terinfeksi dan meninggalkan bintik hitam maupun jaringan parut sehingga membuat kulit terlihat tidak sehat apalagi seksi.

"Jerawat bisa terjadi pada semua orang," kata dokter kulit Anthony M. Rossi, MD, dari New York Presbyterian Hospital.

Menurut data American Academy of Dermatologi, sekitar 50 juta orang di Amerika menderita komedo ringan, jerawat di wajah, leher, dada, lengan atas, bahu, dan punggung. Walau terbilang mudah untuk menutupi jerawat punggung dengan pakaian, tetapi berada di daerah dengan panas dan kelembapan tinggi dapat meningkatkan bakteri dan memperparah serta memperbanyak jerawat punggung.

Intinya, jerawat terjadi saat folikel rambut atau kelenjar keringat tersumbat, kata Rossi. Meskipun genetika, hormon, stres emosional, dan pengobatan juga dapat mempengaruhi jerawat Anda, ada 7 kebiasaan yang dapat memicu timbulnya jerawat punggung.

Pencegahan dan penanganan yang tepat dapat mengurangi risiko jaringan parut atau bintik hitam yang timbul akibat jerawat yang terinfeksi.

Mengenakan pakaian penuh keringat lebih dari 15 menit

"Berkeringat usai olahraga berat dapat menyebabkan jerawat punggung jika Anda membiarkan pakaian penuh keringat menyentuh kulit terlalu lama," kata Rossi. Beristirahat selama 20 menit menggunakan pakaian lembap sudah cukup bagi bakteri untuk berkembang dan menginfeksi kulit.

Untuk pria, melepaskan baju lembap usai olahraga dan bertelanjang dada adalah pilihan yang baik. Lalu mandilah dengan air dingin untuk mereda iritasi pada kulit, Rossi merekomendasikan.

Memilih pakaian olahraga yang keliru

Beberapa jenis bahan pakaian membuat kulit sulit bernapas bila digunakan untuk olahraga, seperti spandex yang dapat menyebabkan jerawat dengan cara mengikat keringat dan memicu kelembapan, kata Rossi. Bila olahraga menjadi rutinitas, berinvestasi di pakaian olahraga yang bagus.

Halaman
123
Tags
Jerawat
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help