TribunLampung/

Cara Melihat Tanda-tanda Fajar di Langit

Kalau waktu sekarang untuk wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya kira-kira jam 04.55 wib.‬

Cara Melihat Tanda-tanda Fajar di Langit
KOMPAS/ARIS PRASETYO
Ilustrasi - Suasana Pulau Raja dari Pulau Popaya menjelang matahari terbit, beberapa waktu lalu. Pulau yang berada di Laut Sulawesi dan masuk wilayah Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, itu memiliki daya tarik wisata, terutama bagi wisatawan yang menyukai keheningan. Di pulau itu, pengunjung dapat menyaksikan ribuan kelelawar saat senja, kicauan aneka burung, dan pantai yang bersih. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kepada Yth MUI Lampung. Saya mau tanya jam berapa waktu terbit fajar atau kalau melihat tanda-tanda di langit seperti apa. Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6281271186xxx

Terdapat Dua Fajar

Kami terangkan bahwa Abu Bakar Ahmad bin al Husaini bin Ali al baihaqi dan kitab Sunan al Qubro lil Baihaqi, menjelaskan bahwa Fajar itu ada dua: yang pertama disebut dengan Fajar Kadzib, bentuknya seperti ekor serigala (yakni sinar/cahaya yg arahnya tegak meninggi), dan yang kedua adalah fajar shodiq yang bentuknya memanjang datar di ufuk atau seperti benang putih yang membentang di ufuq.

Dan karena kecanggihan saat ini maka terbitnya fajar bisa di kira-kira dengan jam. Kalau waktu sekarang untuk wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya kira-kira jam 04.55 wib.‬

KH. Munawir
Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help