TribunLampung/

Kenapa Anak Anjing Harus Divaksinasi sebelum Dipelihara?

Kenapa anak anjing harus diberikan vaksinasi terlebih dahulu sebelum dipelihara?

Kepada Yth Dokter Hewan. Kenapa anak anjing harus diberikan vaksinasi terlebih dahulu sebelum dipelihara? Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6281969876xxx

Guna Membentuk Kekebalan

Kami terangkan bahwa Imunisasi atau vaksinasi adalah proses pemberian vaksin (bibit penyakit yang telah dilemahkan) ke tubuh hewan, dengan harapan vaksin tersebut dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh membentuk kekebalan yang spesifik sesuai vaksin yang diberikan.

Setiap anak hewan yang baru lahir atau menetas, akan memiliki kekebalan tertentu yang diturunkan dari induknya (maternal antibodi), namun kekebalan turunan ini tidak akan bertahan lama di dalam tubuh anak hewan.

Namun yang harus diperhatikan adalah tidak semua induk memiliki kekebalan yang bisa diturunkan, misalnya induk yang tidak pernah mendapatkan vaksinasi rabies tentunya sangat tidak mungkin akan menurunkan kekebalan terhadap rabies pada anaknya.

Mengingat tidak semua induk menurunkan kekebalan, serta maternal antibodi yang tidak bisa bertahan lama pada anak anjing, maka imunisasi (vaksinasi) mutlak diperlukan untuk membentuk kekebalan pada anak anjing tersebut.

Dengan imunisasi ini diharapkan anak anjing akan memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu sesuai yang terdapat pada vaksin tersebut. Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi adalah Rabies, dengan vaksinasi Rabies maka dapat melindungi hewan dari Rabies, sehingga keamanan untuk memelihara anjing lebih tinggi dari serangan virus Rabies.

Syarat imunisasi pada hewan adalah hewan tersebut dalam keadaan sehat, terbebas dari cacing dan kutu.

Dokter Hewan akan melakukan pemeriksaan, untuk menentukan status kesehatan hewan tersebut, apakah memenuhi persyaratan untuk dilakukan vaksinasi.

Konsultasikan pada Dokter Hewan Praktik kepercayaan anda mengenai program imunisasi yang tepat untuk anjing anda.

Drh. Sugeng Dwi Hastono
Amanah Veterinary Service

Tags
Anjing
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help