TribunLampung/

Peminta-Minta Marak di Bulan Puasa, Bagaimana Penanganannya?

Bagaimana cara penanganan terhadap banyaknya budaya peminta-minta yang kerap terjadi terutama di bulan puasa Ramadhan?

Yth Tribun Lampung. Bagaimana cara penanganan terhadap banyaknya budaya peminta-minta yang kerap terjadi terutama di bulan puasa Ramadhan? Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6285679854xxx

Harus Ada Program Bersifat Kontuinitas

Kami terangkan bahwa persoalan tersebut perlu penanganan yang tidak sebentar (jangka panjang) dimana segala pihak yang berwenang dan terkait, dengan merubah perilaku dan mental para peminta-minta tersebut menjadi orang tidak minta-minta tapi mendapatkan uang dengan cara bekerja keras.

Namun merubah perilaku tidak bisa sesaat sehingga harus ada program sifatnya yang kontinuitas (berkelanjutan)misalnya dalam hal ini Dinsos bagaimana mereka para peminta diberdayakan merubah perilaku dulu.

Lalu, kemudian mereka tidak melakukan tindakan meminta-minta lagi misal mereka dengan bekerja menciptakan sesuatu sehingga mendapatkan uang dan tidak meminta-minta lagi.

Atau pemerintah dapat memberikan program pelatihan keterampilan kepada peminta-minta tersebut namun tidak hanya di situ saja tentu ada pendampingan terus-menerus.

Yang penting program tersebut kontiniti karena kalau yang selama ini ada program pelatihan selesai tidak ada tindaklanjutnya sehingga menjadi tidak efektif.

Bartoven Vivit Nurdin
Dosen FISIP Universitas Lampung (Unila)

Tags
Puasa
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help