TribunLampung/

Inilah Ciri-ciri Orang Idap Hemophobia

Saya mau bertanya mengenai hemophobia, sebenarnya definisi dari hemophobia itu apa dan bagaimana seseorang dapat dikatakan sebagai pengidap hemophobia

Yth Dokter. Saya mau bertanya mengenai hemophobia, sebenarnya definisi dari hemophobia itu apa dan bagaimana seseorang dapat dikatakan sebagai pengidap hemophobia.

Sebab, beberapa orang terdekat saya merupakan pengidap hemophobia, tetapi satu sama lain tidak memiliki persamaan yang menyatakan bahwa mereka sama-sama pengidap hemophobia.

Apakah mereka memang pengidap hemophobia melihat perbedaan di antara mereka dan apakah hemophobia itu terbagi menjadi beberapa jenis? Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6285783524xxx

Mengalami Gelisah Berlebihan

Kami terangkan bahwa Hemophobia adalah rasa takut yang dialami seseorang jika melihat darah atau hal-hal yang berhubungan dengan darah.

Seseorang dikatakan hemophobia jika melihat darah atau hal-hal yang berhubungan dgn darah menunjukkan gejala-gejala sbb:

1. Melakukan segala cara untuk menghindarinya,
2. Gelisah yang berlebihan,
3. Rasa takut yang berlebihan,
4. Keluar keringat yang berlebihan,
5. Detak jantung meningkat,
6. Sulit bernapas,
7. Dada terasa sakit,
8. Gemetar, pusing, mual
9. Badan lemas dan sakit seluruh badan.

Beberapa pengidap hemophobia tidak memiliki persamaan yang menyatakan bahwa mereka sama-sama penderita hemoohobia karena rasa takut yang diderita dipengaruhi oleh faktor keturunan, proses maturasi(kepribadian) lingkungan sosial ( budaya, adat istiadat, trauma dan tekanan).

Hemophobia termasuk jenis Phobia yang sederhana atau spesifik karena rasa takut terhadap obyek tertentu yaitu darah.

Endang Budiati
Dokter Swasta di Bandar Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: taryono
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help