TribunLampung/

Pertamina Imbau Masyarakat Beli BBM di SPBU

Menurut Ketua Bidang SPBU DPC Hiswanamigas Lampung, Doni Irawan, banyak kasus pengoplosan BBM terjadi di Lampung.

Laporan Reporter Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswanamigas) Lampung mengapresiasi kinerja Polda Lampung, yang membongkar sindikat BBM oplosan di Gadingrejo, Pringsewu.

Menurut Ketua Bidang SPBU DPC Hiswanamigas Lampung, Doni Irawan, banyak kasus pengoplosan BBM terjadi di Lampung.

"Terbaru di Pringsewu. Sebelumnya, ada juga di bypass. Sumber bahan oplosannya cuma satu pintu, ya dari Sumbangsel itu, sudah sering kami sampaikan," jelas Doni melalui telepon, Jumat (7/7/2017).

BBM oplosan, menurut Doni, bisa merugikan masyarakat karena dapat merusak mesin kendaraan.

Untuk mengantisipasi BBM oplosan, Doni mengatakan, Hiswanamigas pun rutin melakukan pengawasan truk pengiriman BBM, serta melakukan uji sampel, uji laboratorium, mutu, warna, maupun bau sesuai arahan dan standar Pertamina.

"Jadi, oknum pengoplos BBM sulit menembus SPBU. Pada akhirnya, mereka bermain di pertamini, yang beredar di pinggir-pinggir jalan. Imbasnya tetap merusak citra SPBU. Sebab, para pengecer dan konsumen tahunya bahwa BBM tersebut dari SPBU. Itu menjadi dilema," ungkap Doni.

Manager Communication and Reletions Pertamina Area Sumbangsel, Roby Hervindo mengimbau masyarakat untuk membeli BBM di SPBU resmi, yang kualitas dan takarannya bisa dipertanggungjawabkan.

"Kalau di pengecer, kami tidak tahu bagaimana kualitasnya. Kemudian, kami tidak bisa memantau keamanan. Kalau di SPBU resmi, kami jamin. Sebab, ada standar kualitas takaran dan keamanan yang dikeluarkan oleh Pertamina," kata Roby.

Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help