TribunLampung/

Cara Atasi Tercakar Hewan Peliharaan

Yth Dokter Hewan. Kalau kita dicakar oleh hewan peliharaan kita sendiri hingga berdarah apakah akan menimbulkan infeksi?

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Yth Dokter Hewan. Kalau kita dicakar oleh hewan peliharaan kita sendiri hingga berdarah apakah akan menimbulkan infeksi? Dan jika infeksi apa yang harus saya lakukan agar inveksinya hilang? Terima kasih atas penjelasannya.
Pengirim: +6281969854xxx

Jika Banyak Kuman Bisa Membahayakan

Semua hewan mempunyai sifat untuk mempertahankan diri, baik berupa menggigit, mencakar, mematuk, menerkam, menyerang dan lainnya.

Pada hewan yang telah didomestikasi (dijinakkan/dipelihara dalam rumah) umumnya menjadi jinak dan menurut, terutama kepada orang yang merawat dan memeliharanya.

Kucing dan anjing adalah hewan yang mudah untuk didomestikasi (dijinakkan), sehingga kedua hewan ini sangat umum menjadi hewan peliharaan.

Pada umumnya kucing yang telah dirawat dan dipelihara dengan baik akan menjadi penurut, jinak, bahkan mengerti dengan perintah/larangan yang diberikan oleh pemilik.

Kucing yang telah jinak akan menyerang (menggigit/mencakar) hanya dalam keadaan terpaksa/terdesak, misalnya diganggu, terinjak, dianiaya dan lainnya.

Sehingga pada umumnya jika tidak dalam keadaan tersebut, kita dapat memegang, membelai bahkan menggendong kucing kesayangan kita.

Ada beberapa kemungkinan indikasi kucing yang suka mencakar atau menggigit:
a. Memang secara genetis kucing tersebut sulit dijinakkan, namun umumnya kejadian ini agak jarang ditemukan (kecil presentasenya),

Halaman
12
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help