TribunLampung/

Seberapa Bahaya Virus Toxoplasmosi pada Kucing?

Saya punya hewan peliharaan kucing. Informasinya, kucing mempunyai virus toxoplasmosis.

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Yth Dokter Kesehatan Hewan. Saya punya hewan peliharaan kucing. Informasinya, kucing mempunyai virus toxoplasmosis. Apakah benar itu dokter dan berbahaya tidak? Mohon penjelasannya.

Pengirim: +6285779854xxx

Parasit Toxoplasmosis Dapat Menyerang Semua Jaringan Tubuh

Toxoplasmosis, hampir sebagian besar dari kita (khususnya remaja putri dan kaum ibu) tidak asing lagi dengan kalimat tersebut, bahkan seolah-olah menjadi momok yang menakutkan.

Namun ternyata masih sedikit yang paham penyakit zoonosis (menular dari hewan ke manusia) yang ditularkan oleh bangsa kucing ini. Orang awam terlanjur salah kaprah lebih sering mengatakan "virus kucing" itu cukup ditakuti karena infeksi pada wanita dapat menimbulkan gangguan seputar kehamilan (reproduksi).

Toxoplasmosis sebenarnya adalah penyakit parasiter (disebabkan oleh parasit), bukan penyakit yang disebabkan oleh virus dan telah ditemukan sejak tahun 1939. Penyebab toxoplasmosis adalah Toxoplasma gondii, merupakan parasit koksidia Ampicomplexa.

Parasit ini memiliki induk semang utama (inang definitif) pada hewan bangsa kucing. Sedangkan pada manusia dan pada berbagai hewan peliharaan sebagai induk semang perantara.

Kucing dapat terinfeksi toxoplasma karena menelan ookista (telur Toxoplasma gondii) yang terdapat pada feses kucing tercemar atau memakan daging hewan yang mengandung ookista terkapsul (tachyzoit dan bradyzoit).

Pada kucing yang terinfeksi, koksidia dari Toxoplasma gondii menghabiskan masa hidupnya pada saluran pencernaan, sehingga feses kucing yang terinfeksi merupakan sumber penularan utama bagi kucing lain, hewan lain maupun manusia.

Halaman
12
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help