TribunLampung/
Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Tekwan dan Model Pempek 388 Rasanya Manis Gurih, Mau Coba?

Menurut Ani, model biasanya dikonsumsi pada malam hari, sedangkan tekwan lebih nikmat disantap pada siang hari.

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Menikmati makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia membuat kita mengenali ciri khas kulinernya. Dari Palembang misalnya, selama ini kita mengenal hidangan pempek yang terbuat dari ikan dengan saus pedas. Selain itu, ada tekwan dan model yang juga menjadi primadona kuliner daerah ini.

Di Bandar Lampung , ada tempat makan di mana Anda bisa menikmati berbagai hidangan khas Palembang di satu tempat. Namanya Pempek 388 yang terletak di kawasan Puti Balau Bandar Lampung jalan Hayam wuruk no. 1 D samping Guest House. Meski membawa nama pempek, tempat ini juga menyajikan berbagai hidangan asli Palembang, seperti model dan tekwan.

tekwan Pempek 388
tekwan Pempek 388 (Tribunlampung/Dennish)

Model dan tekwan adalah makanan berkuah yang biasanya dinikmati sebagai teman nasi ataupun dimakan langsung. Campuran di dalam tekwan terdiri atas olahan ikan, jamur kuping, sohun, mentimun, dan kuah udang. “Adonan untuk model dan tekwan terbuat dari ikan tenggiri atau gabus,” Ani pemilik pempek 388 , senin (17/7).

Cara pembuatan isian model dan takwan, menurut Ani, hampir sama seperti mengolah pempek. Hanya, komposisi ikan pada model dan tekwan lebih banyak. Dalam membuat model, adonan ikan dicampur dengan tahu lalu digoreng sebelum dicampur dengan kuah. Sedangkan ikan pada adonan tekwan tidak dicampur dengan tahu dan tidak digoreng. “Cara membuat tekwan itu direbus, mirip seperti bikin bakso,” ujar Ani.

Model
Model (Tribunlampung/Dennish)

Saat terhidang di dalam mangkuk, kuah model terasa lebih manis karena perpaduan udang dan bengkuang di dalamnya. Adapun kuah tekwan lebih terasa rempahnya.

Menurut Ani, model biasanya dikonsumsi pada malam hari, sedangkan tekwan lebih nikmat disantap pada siang hari. Untuk setiap porsi model dan tekwan dibanderol dengan harga Rp 15 ribu. “Kalau di Palembang, sebagian orang makan tekwan dan model dengan nasi,” tutur Ani sembari menjelaskan kios Pempek 388 miliknya buka pukul 10.00 sampai 20.00.

Tags
Pempek 388
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help