TribunLampung/

Dosen IPB Ini Ciptakan Cabai Super Pedas

Hingga 2012, sebanyak 18 varietas mendapat sertifikat dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) dan telah dilepas oleh

Dosen IPB Ini Ciptakan Cabai Super Pedas
Humas IPB
Prof Dr Muhamad Syukur. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BOGOR - Guru Besar Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (Faperta IPB) Prof Dr Muhamad Syukur, SP, M.Si saat ini fokus melakukan penelitian komoditas cabai.

Penelitian yang dilakukan Muhamad Syukur dilakukan sejak 2003 lalu.

Hingga 2012, sebanyak 18 varietas mendapat sertifikat dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) dan telah dilepas oleh Menteri Pertanian RI.

Sedangkan, beberapa varietas cabai unggul yang pernah dirakit di antaranya Cabai IPB CH3, Pesona IPB, dan cabai pelangi.

"Komoditas yang utama ada cabai, tomat, kacang panjang, okra, kemudian terong. Saya merakit cabai sejak 2003. Awalnya adalah cabai besar untuk keperluan industri, kemudian cabai keriting, cabai rawit, dan terakhir cabai hias," ujar Syukur, dalam siaran pers yang diterima TribunnewsBogor.com.

Cabai IPB CH3 dan Pesona IPB diluncurkan Rektor IPB dan Menteri Pertanian RI pada Oktober 2010.

Syukur menjelaskan, keunggulan cabai IPB CH3 adalah produktivitas tinggi, umur panen lebih cepat, dengan tingkat kepedasan 2-3 kali lebih pedas dari cabai biasa.

"Sangat cocok untuk industri saus," katanya

Sedangkan, cabai pesona IPB mempunyai keunggulan produktivitas tinggi, ukuran buah panjang, dengan kepedasan sangat tinggi.

Tingkat kepedasannya sepuluh kali dari cabai biasa.

Halaman
12
Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help