TribunLampung/

Stok Kebutuhan Darah di Lampung masih Berada di Kisaran 70-80 Persen

stok kebutuhan darah di Lampung masih berada di kisaran 70 sampai 80-an persen.

Laporan Reporter Tribun Lampung Yoga Noldy Perdana

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung Aditya M Biomed mengatakan, stok kebutuhan darah di Lampung masih berada di kisaran 70 sampai 80-an persen.

 “Hitungan idealnya, kebutuhan darah dari pendonor sukarela itu 100 persen, dengan hitungan per harinya butuh sekitar plus minus 120 kantong darah. Dari 120 kantung darah itu yang berasal dari pendonor sukarela hanya sebesar 80 persen maksimalnya,sedangkan 20 persennya itu berasal dari donor pengganti yaitu seseorang yang diminta untuk menyumbangkan darahnya kepada seseorang dan tahu kepada siapa darah itu akan diberikan,,”ujar Aditya.

 Biasanya kantung darah tersebut paling banyak dibutuhkan oleh pihak ruang bersalin/ kebidanan dengan persentase 20 sampai 30 persen, lalu bagian bedah atau operasi dengan persentase 20 persenan, ruang HD, serta penderita Thalassemia.

“Sedangkan untuk stok jenis darah PRC (packed red cell) atau sel darah merah yang paling banyak dibutuhkan di Lampung sendiri urutan pertamanya ialah golongan darah O, menyusul, B, A, dan AB. Jadi mungkin karena populasi masyarakat di Lampung ini kebanyakan yang bergolongan darah O, maka dari itu golongan darah tersebut yang paling banyak dibutuhkan,” tutur Aditya lagi.

Tags
Provinsi
Penulis: Yoga Noldy Perdana
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help