TribunLampung/

Ibadah Haji 2017

Calon Haji Bawa Krem Pelembap Kulit Antisipasi Cuaca Ekstrem di Tanah Suci

Untuk menghadapi cuaca ekstrem di Tanah Suci, para jamaah haji asal Lampung diperlengkapi dengan pelembap.

Calon Haji Bawa Krem Pelembap Kulit Antisipasi Cuaca Ekstrem di Tanah Suci
Tribun Lampung/Hanif Mustafa

Laporan Wartawan Tribun Lampung Hanif Mustafa.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Untuk menghadapi cuaca ekstrem di Tanah Suci, para jamaah haji asal Lampung diperlengkapi  dengan pelembap kulit.

 Ahmad Lukoni (36), jamaah haji rombongan kedua asal Lampung Tengah kloter 10 ini  mengaku membawa krim pelembap kulit.

"Katanya tahun ini lebih panas, jadi persiapannya bawa krim pelembab kulit buat muka dan kaki, biar gak kering, dan tidak lupa juga bawa kaos kaki dan masker," ungkap Ahmad saat di Asrama Haji Rajabasa, Senin (31/7).

Selain itu, Ahmad mengaku sering olahraga untuk persiapan fisik menghadapi cuaca yang super ektrem dibandingkan tanah air.

"Ya sebelum berangkat saya kuatkan fisik dulu, sering-sering olahraga, biar pas ditanah suci gak drop, kalau lainnya mungkin cuma pakaian paling ganti sehari-hari, obat-obatan ringan, keperluan mandi, dan yang utama niat bulat mesti berangkat", tukas Ahmad.

Sementara, kedatangan rombongan haji kloter kedua dari Lampung datang lebih awal dari yang dijadwalkan. Menurut Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Luqmanul Hakim, kehadiran rombongan dijadwalkan pukul tujuh malam.

"Tapi mungkin karena semangat, para jamaah datang sebelum magrib, jadi bisa ibadah magrib terlebih dahulu", tuturnya.

Para jamaah haji kloter 10 dari Lampung Tengah ini diangkut oleh sembilan bus. Luqmanul pun mengimbau para jamaah haji dari Lampung agar lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi lingkungan Arab Saudi, sebab cuaca di tanah suci capai 40° hingga 50°.

"Untuk ukuran orang Lampung jelas sangat ekstrem, maka sesuai dengan arahan Mentri Kesehatan, yakni rajin minum minimal 200 mililiter setiap dua jam, atau lebih mudahnya satu gelas agar tidak dehidrasi", sebut Luqmanul.

Luqmanul menganjurkan kepada para jamaah haji agar benar-benar menjaga kesehatannya. Sebab suksesnya penyelenggaraan haji itu dari kesehatan jamaah yang meningkat.

"Sejauh ini kondisi masih baik-baik saja, ini keberangkatan kedua, dan yang pertama sudah berjalan tepat waktu, mudahan-mudahan kedatangannya juga tepat waktu", sebutnya.

Luqmanul pun berharap kloter 10 keberangakatan kedua ini besok bisa diantar ke bandara Raden Intan pukul 11.00 WIB.

"Jika sudah berjalan tepat waktu, kita harapkan semua kloter bisa seperti ini, seperti kloter pertama yang tepat waktu, dari jakarta diberangkatkan pukul 13.13 ke Tanah Suci, dan ini masih dalam perjalanan, sebab perlu memakan waktu sembilan jam", tutup Luqmanul.

Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help