TribunLampung/

DPRD Desak Pemindahan Pedagang Pasar Pagelaran

Mengingat lahan penampungan sementara pedagang atas pembangunan pasar ini sudah habis masa sewanya sejak 9 Mei 2017.

DPRD Desak Pemindahan Pedagang Pasar Pagelaran
Tribunlampung/Didik

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan C

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - DPRD Pringsewu mendesak pemindahan pedagang Pasar Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Mengingat lahan penampungan sementara pedagang atas pembangunan pasar ini sudah habis masa sewanya sejak 9 Mei 2017.

Sedangkan, bangunan pokok pasar itu sudah selesai tinggal menambah kelengkapan seperti drainase. Ketua Komisi II DPRD Pringsewu Sahidin menginginkan instansi terkait segera mengambil langkah untuk pengoperasionalan pasar tersebut.

Sebab, kata dia, peresmian bangunan tersebut tidak masalah ketika pedagang sudah ada atau menempati gedung. "Mohon pada instansi tetkait segera memfungsikan pasar itu," kata Sahidin saat meninjau langsung bangunan Pasar Pagelaran, Selasa (1/8).

Aggota Komisi II DPRD Pringsewu Painto dan Bambang Kurniawan mendampingi Sahidin. Sementara dari eksekutif, ada Kabid Cipta Karya Dinas PU Pringsewu Rini dan Sekretaris Koperindag Pringsewu Nang Abidin.

Ketua Forum Komunikasi Pedagang Pasar Pagelaran (FKP3) Idam Kolid mrngakui bahwa lahan penampungan sementara pedagang, selama pembangunan pasar, masa sewanya telah habis. Sehingga dia menginginkan pedagang bisa secepatnya pindah.
Sebab bangunan sudah layak ditempati."Masalah peresmian itu silahkan, tapi pedagang bisa pindah ke sini," kata Idam.

Diketahui bahwa Pasar Pagelaran ini terdiri dari dua gedung yang terpisahkan oleh jalan. Ironisnya kedua gedung yang hampir sama ini terbangun dengan jumlah anggaran yang berbeda. Yakni sebelah barat bersumber dari APBN senilai Rp 6 miliar, kemudian sebelah timur pembangunannya pakai APBD senilai Rp 4 miliar.

Sehingga, atas ketimpangan anggaran ini lah pembangunan gedung di sebelah timur tidak selesai di 2016. Sedangkan yang sebelah barat sudah siap pakai. Oleh karena itu lah, Kabid Cipta Karya Dinas PU Pringsewu Rini mengatakan, pembangunan gedung pasar Pagelaran yang sebelah timur mendapat kucuran dana kembali di 2017 ini.

Yakni sebesar Rp 750 juta untuk memenuhi kekurangan yang ada, seperti folding gate dan drainase. Kini folding gate telah terpasang seluruhnya dan tinggal pengerjaan drainasenya saja.

Tags
Pringsewu
Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help