TribunLampung/
Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Mi Gomak, Mi Tebal Lembut Berpadu Kuah Berempah Pedas

Cocok menyantap mi gomak makan malam. Untuk harganya sendiri yakni 16ribu untuk mie gimak goreng dan rebus.

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Orang Italia bolehlah punya kuliner khas berupa spaghetti. Orang Batak pun tak mau kalah. Perkenalkan kuliner mi satu ini, namanya Mi Gomak. Tepatnya di Way Halim Bandar Lampung, jalan sultan agung samping warung, mbak mar 1 sebuah Waroeng  Andaliman sudah terkenal sejak setahu terakhir sebagai penjual Mi Gomak. 

Konon, Mi Gomak di warung ini paling enak di seantero Bandar Lampung . Waroeng Andalaiman , Lalu, seperti apa Mi Gomak? Mi yang digunakan bukan mi telor yang keriting dan tipis.

Sementara mi yang digunakan untuk Mi Gomak adalah mi khas dari medan yang diameternya lebih lebar Teksurnya juga lebih kenyal, namun mudah putus saat digigit. Kuahnya ibarat bolognese versi rendang.

Bumbu-bumbu terdiri dari merica, jahe, andaliman, kelapa parut disangrai, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah. Buah andaliman memang menjadi bumbu khas untuk masakan-masakan Batak. Tak lengkap kuliner Batak tanpa andalliman.

Mi Gomak Rebus Andaliman
Mi Gomak Rebus Andaliman (Tribunlampung/Dennish)

Rasanya? Enaknya bukan main. Kuah berempah rendang namun lebih halus, berkolaborasi dengan mi tebal yang lembut. dengan rasa lebih berempah dan pedas, tanpa rasa asam dari tomat.

Kelar makan satu piring mi gomak, rasanya begitu membekas di lidah. Menurut owner Waroeng  andaliman Rizky, mi gomak mendapat sebutan tersebut karena cara makannya yang dengan menggunakan tangan sejarahnya. 

"Diraup pake tangan, istilah sini ‘digomak’,” ujarnya

Cocok menyantap mi gomak makan malam. Untuk harganya sendiri yakni 16ribu untuk mie gimak goreng dan rebus.  Salain itu ada juga menu lainya sperti nasi goreng dan sate.  Untuk makanan di sini semuahnya di jamin halal 100%

Tags
Mi Gomak
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help