TribunLampung/
Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Kemerdekaan Bermakna Kebebasan Tidak Lagi Dijajah

Pada tanggal 17 Agustus, seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Tapi sebenarnya, 17 Agustus bukan hanya diraya

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pada tanggal 17 Agustus, seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Tapi sebenarnya, 17 Agustus bukan hanya dirayakan, tetapi kita harus tahu makna dari kemerdekaan itu.

Seperti yang dikemukakan oleh Sahara Nugra Diani. Bagi cewek yang akrab disapa Rara ini, makna kemerdekaan berarti negara telah terlepas dari penjajahan dan memiliki hak dalam mengatur wilayahnya tanpa campur tangan negara yang menjajah dan terlepas dari belenggu negara penjajah.

"Kemerdekaan ini telah direbut dengan susah payah oleh para pahlawan. Oleh sebab itu, kita harus bisa menghargai mereka dengan cara meniru semangat juangnya dan mempraktekan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya untuk para pemuda dengan belajar giat, mengamalkan nilai nilai pancasila, mentaati peraturan, saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada," kata dia.

Sementara itu menurut Ridho Andriansyah, makna dari kemerdekaan adalah kebebasan atau tidak lagi dijajah oleh suatu hal dan juga proses dalam memperbaiki serta membangun kondisi suatu bangsa dengan mandiri. Perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan ini sangat sulit.

Jadi jangan sampai anak muda merusak perjuangan itu dengan hal-hal yang melanggar aturan. Mereka justru harus meneruskan perjuangan dengan cara menuntut ilmu bagi para pelajar dan mahasiswa. Sehingga dapat menghasilkan generasi-generasi berkualitas untuk bangsa.

Bagi Rara dan Ridho, selain bisa memaknai kemerdekaan, 17 Agustus adalah hari yang sangat berkesan bagi mereka. Sebab, pada 17 Agustus 2016, mereka berhasil menjadi paskibraka nasional. Selama menjadi paskibraka nasional, tidak dipungkiri ada perasaan senang dalam diri mereka karena bisa mengibarkan bendera di istana negara. membanggakan orang tua dan mendapatkan teman-teman baru dari seluruh provinsi, serta bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tags
Agustus
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help