TribunLampung/

Masih Bingung Cara Menghitung Berat Badan Ideal? Ini Rumusnya

Untuk mengetahui berat badan yang Anda punya normal atau tidak, Anda bisa menghitungnya dengan rumus:

Masih Bingung Cara Menghitung Berat Badan Ideal? Ini Rumusnya
turunkan berat badan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Mempunyai berat badan ideal tentu penting sebagai upaya untuk mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit.

Mempunyai berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes mellitus tipe 2, batu empedu, dan kanker tertentu.

Cara menghitung berat badan ideal

Apakah berat badan yang Anda punya sudah masuk dalam kategori ideal? Berat badan ideal setiap orang berbeda-beda. Jadi, jangan membandingkan berat badan yang Anda punya dengan berat badan teman, saudara, keluarga, dan orang lain.

Untuk mengetahui berapa idealnya berat badan, Anda bisa menyesuaikannya dengan tinggi badan yang Anda miliki. Karenanya, sebelum mulai menghitung berapa berat badan yang ideal untuk Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tinggi badan Anda.

Untuk mengetahui berat badan yang Anda punya normal atau tidak, Anda bisa menghitungnya dengan rumus:

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Jadi, jika Anda mempunyai tinggi badan 160 cm, Anda cukup mempunyai berat 60 kg untuk dikatakan normal. Namun, berbeda lagi jika Anda ingin mempunyai berat badan ideal.

Berat badan ideal ini dibedakan antara pria dan wanita. Hal ini karena komposisi tubuh pria dan wanita berbeda. Pria lebih banyak memiliki massa otot dibandingkan wanita, sedangkan wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuh.

Untuk menghitung berat badan ideal, Anda bisa menggunakan rumus Broca yang ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Sangat mudah untuk menggunakan rumus ini.

Halaman
12
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help