TribunLampung/

Per Juni, Satu Juta Orang di Kotabumi Terkaver JKN-KIS

Jumlah ini termasuk yang terintegrasi oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui program PBI APBD sebanyak 48.000 jiwa.

Per Juni, Satu Juta Orang di Kotabumi Terkaver JKN-KIS
Tribunlampung/Anung

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Capaian Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat untuk BPJS kesehatan kantor cabang Kotabumi mengalami peningkatan. Hingag Juni 2017, jumlah peserta yang terkaver mencapai 1.026.190 jiwa. Jumlah ini termasuk yang terintegrasi oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui program PBI APBD sebanyak 48.000 jiwa.

Selain itu, BPJS cabang Kotabumi juga mencakup Kabupaten Waykanan, Lampung Barat, dan Pesisir Barat. Untuk Pemkab Lampung Barat terintegrasi sebanyak ‎7.500 jiwa, Pemkab Waykanan sebanyak 10.142 jiwa, dan Pemkab Pesisir Barat sebanyak 5.234 jiwa.

"Kami terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan program JKN-KIS. Selain komitmen bentuk pembiayaan serta perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan, kedepan kami harapkan peran pemerintah daerah untuk dioptimalkan, baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan," kata kepala BPJS Kesehatan cabang Kotabumi Mahmul Ahyar saat kegiatan paparan capaian kinerja BPJS cabang Kotabumi, Selasa (22/8).

Dirinya menerangkan pertumbuhan jumlah peserta diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini, BPJS cabang Kotabumi telah bermitra dengan 115 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), terdiri dari 68 puskesmas, 17 praktik dokter perorangan, 30 klinik pratama. '

Ia juga mengatakan BPJS juga sudah bekerjasama dengan 8 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) yang terdiri dari 8 rumah sakit, 3 apotek, serta 1 optik. "Untuk Kabupaten Lampung Utara Rumah sakit yang sudah bekerjasama yaitu RS Handayani, RSU M. Yusuf Kalibalangan, serta RSU‎ Ryacudu Kotabumi," katanya.

Inovasi dan terobosan yang sudah dilakukan oleh BPJS kesehatan Kotabumi, terang Mahmul, masyarakat dapat mendaftar kepesertaan di kantor cabang, kantor layanan operasional kabupaten, Website, dan bank mitra yang bekerjasama.

"Kini pendaftaran dapat juga dilakukan mui BPJS kesehatan care Center 1500-400. Selain itu juga BPJS kesehatan mengembangkan pendaftaran melalui sistem dropbox di kantor cabang BPJS kesehatan, kantor kelurahan, kantor kecamatan dan kader JKN," tukasnya.‎ (ang)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help