TribunLampung/
Home »

Video

Advertorial

(VIDEO) OJK-Pemprov Gelar Gerakan Lampung Menabung dan Lampung Economy Expo 2017

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Sidototo, Kabupaten Pesawaran secara simbolis ditutup oleh Gubernur Lampung M Ridho Ficardo.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN – Gerakan Lampung Menabung & Lampung Economy Expo 2017 yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Lampung selama dua hari, Sabtu-Minggu, 19-20 Agustus 2017 resmi ditutup.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Sidototo, Kabupaten Pesawaran secara simbolis ditutup oleh Gubernur Lampung M Ridho Ficardo yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung Adeham, Minggu (20/8) sore. Adeham saat membacakan sambutan Gubernur mengungkapkan bahwa "Gerakan Lampung Menabung" yang dikolaborasikan dengan kegiatan Lampung Economy Expo 2017 ini disambut baik oleh masyarakat sebagai media komunikasi.

Dia menilai, antusiasme gerakan menabung tinggi, terlihat dengan banyaknya peserta dan pengunjung yang hadir. "Semoga event ini semakin meningkat di masa mendatang," harapnya.

Kepala OJK Lampung Untung Nugroho mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan dan mengampanyekan tentang pentingnya menabung usia dini dan memotivasi anak dalam menabung serta meningkatnya akses keuangan pada sektor pertanian, perikanan, dan UMKM (home industry). Sedangkan sasaran yang ingin dicapai, kata Untung, adalah timbulnya kesadaran dari masyarakat khususnya anak-anak untuk menabung sejak usia dini serta meningkatnya literasi dan inklusi keuangan di Provinsi Lampung. "Dengan menabung sejak dini diharapkan dapat mengedukasi anak-anak untuk dapat melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan serta mengenal industri ataupun lembaga jasa keuangan sejak dini," ujarnya.

Sejalan dengan tujuan tersebut, OJK bersama industri Perbankan mengembangkan produk tabungan yang diberi nama Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB). Produk tabungan SimPel/SimPel iB ini telah diluncurkan pertama kali pada 14 Juni 2015 oleh Presiden RI Joko Widodo.

Mengingat jumlah pelajar di Indonesia yang cukup signifikan, produk tabungan SimPel/SimPel iB ini merupakan peluang besar untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Dia mengatakan, pada periode Juni 2016, secara nasional tercatat sebanyak 9.882 sekolah yang memiliki kerja sama dengan bank yang memiliki produk SimPel/SimPel IB. "Total rekening sebanyak 1.620.264 rekening dan nominal sebesar Rp 378,14 miliar," jelasnya. Menurut Untung, disambut dengan minat yang sangat besar dari para pelajar dan pihak sekolah, pada Juni 2017 terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap jumlah pengguna produk SimPel. Pada Juni 2017, jumlah sekolah yang bekerja sama dengan bank-bank penerbit SimPel tercatat sebanyak 148.222 sekolah, atau meningkat sebanyak 1.399%. Jumlah tersebut tentu saja mempengaruhi total jumlah rekening SimPel/SimPel IB sebanyak 5.174.578 rekening (319%) yaitu menjadi 6.794.842 rekening dan total nominal sebesar Rp 1,05 triliun.

Sementara di Provinsi Lampung, tercatat per Juni 2017 persentase jumlah sekolah yang telah mengikuti SimPel/SimPel IB mencapai 86,60% atau 6.130 sekolah dari 7.078 sekolah yang ada dengan total nilai nominal tabungan mencapai Rp 122 miliar dari 261.510 rekening.
Selama tahun 2017 (Januari-Juni 2017) terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari sisi jumlah sekolah, rekening, dan nominal tabungan SimPel/SimPel iB.

Rangkaian Kegiatan, Penghargaan, dan Kerja Sama
Kegiatan Gerakan Lampung Menabung dan Lampung Economy Expo 2017 dikemas dengan rangkaian acara antara lain berupa jalan sehat, dilanjutkan dengan pencanangan Gerakan Lampung Menabung oleh Gubernur Lampung (yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham) dan pelaksanaan Lampung Economy Expo 2017. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona.

Kegiatan jalan sehat dan pencanangan Gerakan Lampung Menabung ini melibatkan kurang lebih 500 siswa dari 40 sekolah yang tersebar di wilayah Provinsi Lampung serta perwakilan Industri Jasa Keuangan Provinsi Lampung. Dalam kegiatan tersebut, OJK Provinsi Lampung berkesempatan memberikan beberapa penghargaan, dengan kategori sebagai berikut :

Penghargaan kepada Pelajar yang aktif menabung, dihitung dari mutasi/transaksi 1 Januari 2017 sampai dengan 30 Juni 2017, untuk tiga orang pelajar:
1. Navarina Ajeng Pratiwi (SMPN 1 Natar, Lampung Selatan) perwakilan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
2. Salfi May Yana (SMPN 16 Bandar Lampung) perwakilan PD Bank Pasar Kota Bandar Lampung
3. Rena Novelia (SMAN 1 Gedong Tataan, Pesawaran) perwakilan PT BPD Lampung

Penghargaan kepada Sekolah yang paling banyak jumlah rekening tabungan SimPel/SimPel iB, untuk tiga sekolah:
1. SMP Negeri 21 Bandar Lampung
2. SMA Negeri 2 Bandar Lampung
3. SD Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung

Penghargaan kepada bank yang paling banyak kerja sama dengan sekolah untuk produk tabungan SimPel/SimPel iB, untuk tiga bank:
1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
2. PT BPD Lampung
3. PT Bank BNI Syariah

Selain itu, dilakukan pula penandatangan kerja sama beberapa bank penerbit produk SimPel/SimPel IB dengan beberapa sekolah secara simbolis yang disaksikan langsung oleh Kepala OJK Provinsi Lampung Untung Nugroho, antara lain :
1. PT Bank Syariah Mandiri:
Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pesawaran,
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung
Madrasah Tsanawiyah1 Bandar Lampung
2. PT BPD Lampung:
SMK Negeri 1 Bandar Lampung
SMP Negeri 1 Gedong Tataan
SMA Negeri 1 Gading Rejo
3. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk:
SMA PGRI 1 Pagelaran Pringsewu
PAUD Pinang Jaya Bandar Lampung
4. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk:
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pringsewu
SMA Negeri 1 Gedong Tataan

Dengan diselenggarakannya rangkaian kegiatan ini, diharapkan akan meningkatkan akses keuangan masyarakat Provinsi Lampung pada umumnya dan meningkatkan minat para pelajar untuk menyisihkan uang melalui tabungan dan secara tidak langsung memulai perencanaan keuangan sejak dini untuk masa depan yang lebih sejahtera.(adv)

Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help