TribunLampung/

45 Anggota Panwaslu Kabupaten Kota Hari Ini Dilantik

Sebanyak 45 orang diambil sumpah untuk menjalankan tugas sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kabupaten kota se-Provinsi Lampung

45 Anggota Panwaslu Kabupaten Kota Hari Ini Dilantik
tribun lampung/hanif mustafa

Laporan Wartawan Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sebanyak 45 orang diambil sumpah untuk menjalankan tugas sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kabupaten kota se-Provinsi Lampung di Hotel Emersia, Jumat (25/8).

Menurut Ketua Bawaslu Fathikatul Khoiriyah, ada 45 orang karena setiap kota kabupaten diambil tiga orang. Pawanslu ini dilantik untuk mengawasi pemilihan gubenur dan wakil gubernur.

"Kemudian juga untuk pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati di kedua Kabupaten Tanggamus dan Lampung Utara, kemudian juga untuk pelaksanaan Pengawasan Pileg Pilpres sampai dengan terbentuknya badan pengawas Pemilu kota," ujarnya setelah pelantikan Panwaslu kabupaten kota se-Provinsi Lampung.

Fathikatul, berharap pelantikan ini sebagai start awal bagi pengawas Pemilu. Sebab secara legal formal mereka sudah dilantik dan sudah memiliki payung hukum sebagai pengawas Pemilu.

"Otomatis memiliki wewenang dan tugas dalam pemilihan di Provinsi Lampung, maka mereka harus berkoordinasi dengan stake holder kabupaten masing-masing," ungkapnya.

Selanjutnya, para anggota Panwaslu yang baru dilantik ini akan dilakukan Bimtek.

"Karena Pawanslu ini Ad Hoc, jadi kita bekali, apalagi banyak orang baru tanpa latar belakang pengawas pemilu, jadi kita lakukan Bimtek hingga tanggal 29," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Lampung Ridho Fichardo nampak hadir dalam pelantikan Panwaslu kabupaten kota. Selain itu juga dihadiri Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, dan perwakilan Partai Politik di Lampung.

"Saya disini menghadiri undangan saja sebagai Gubernur Lampung, tidak memberikan pidato, toh mereka melaksanakan tugas sesuai dengan yang digariskan itu sudah menjaga netralitas dan menjaga stabilitas kontestasi politik sebaiknya," ungkap Gubernur M Ridho Ficardho.

Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help