TribunLampung/

IJTI Minta Bawaslu RI Periksa Tim Seleksi

Maraknya pemberitaan mengenai dugaan kecurangan dalam seleksi calon anggota Bawaslu Lampung, membuat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI)

IJTI Minta Bawaslu RI Periksa Tim Seleksi
net
seleksi bawaslu ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Lampung, Beni Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Maraknya pemberitaan mengenai dugaan kecurangan dalam seleksi calon anggota Bawaslu Lampung, membuat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Lampung membuat pernyataan sikap.

Mereka mendesak Bawaslu RI untuk memeriksa tim seleksi (Timsel) Bawaslu Lampung.

“Proses seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Lampung periode tahun 2017 - 2021, wajib untuk dikritisi karena terindikasi telah terjadi pelanggaran kode etik. Ketua Tim Seleksi Rudy Lukman, diduga melakukan komunikasi serta memberi petunjuk khusus kepada peserta tes yang berasal dari ormas yang sama dengan dirinya"

"Hal itu dibuktikan dengan screenshot percakapan yang beredar beberapa hari yang lalu,” kata Ketua IJTI Pengurus Daerah Lampung Aris Susanto, melalui rilis, Minggu (27/8/2017).

Menurut dia,  calon anggota Bawaslu yang lulus enam besar hampir sebagian besar anggota ormas yang sama dengan ketua timsel.

“Sehubungan dengan hal tersebut yang masuk dalam pilar demokrasi dari kelompok Pers, maka IJTI Provinsi Lampung sebagai lembaga yang kredibel, terpanggil untuk menyuarakan pendapatnya dengan harapan peristiwa dugaan pelanggaran kode etik dalam proses rekrutmen calon anggota Bawaslu Provinsi Lampung Tahun 2017 - 2021 tidak terulang di masa mendatang,” katanya.

IJTI memberikan enam pernyataan sikap mereka, antara lain meminta kepada Komisi II DPR RI dan Bawaslu RI agar membentuk Tim Pencari Fakta untuk mengurai kejelasan dugaan terjadinya pelanggaran kode etik dengan memeriksa seluruh Tim Seleksi Bawaslu Provinsi Lampung, peserta tes, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam proses seleksi.

“Memanggil secara khusus Rudy Lukman dalam forum klarifikasi yang terbuka untuk umum untuk mendengarkan pembelaan mengenai adanya sreen shot percakapan di grup whatsapp antara dirinya dengan beberapa peserta tes,” katanya. (ben)

Tags
Bawaslu
Penulis: Beni Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help