TribunLampung/

Ini Pembicaraan Ridho, Bachtiar dan Zulkifli di Bandung

Rapat kerja nasional (Rakernas) PAN di Bandung beberapa waktu lalu, sempat beredar foto Ketua DPW PAN yang juga Balon gubernur atau wakil

Ini Pembicaraan Ridho, Bachtiar dan Zulkifli di Bandung

 

Laporan Reporter Tribun Lampung, Beni Yulianto

 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Rapat kerja nasional (Rakernas) PAN di Bandung beberapa waktu lalu, sempat beredar foto Ketua DPW PAN yang juga Balon gubernur atau wakil gubernur dari PAN Bachtiar Basri, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Gubernur petahana M. Ridho Ficardo.

Bachtiar mengaku dalam pertemuan tersebut Ridho meminta dukungan kepada Zulkiflli. Sebagai gambaran dukungan partai, ketika itu kata Bachtiar, Ridho menunjukkan foto rekomendasi dari Partai Gerindra.

"Ketua Gerindra ketemu kita, ketua demokrat ketemu kita, dalam rangka itu tadi Pilgub karena sekarang masih sangat dinamis, masih diperlukan lobi-lobi. Belum ada yang pasti, tetapi kemungkinan ada. Seperti Gerindra merapat ke Pak Gubernur (Ridho), Arinal juga merapat, tetapi keputusan final di DPP, termasuk PAN, nanti keputusan di DPP," katanya kepada awak media di KPPW PAN, akhir pekan kemarin, Sabtu (26/8/2017).

Menurut dia, dalam pertemuan itu Ridho meminta dukungan kepada Zulkifli Hasan. "Gubernur minta kepada ketum DPP PAN, meminta PAN mendukung di Pilgub. Tetapi semua bergantung hasil survei, pertimbangan lain, karena tidak diputusakan satu orang, mekanisme partai," kata dia.

"Bisa kita pastikan Ridho didukung Demokrat, kemudian sekarang didukung Gerindra, partai lain juga mungkin, mungkin sudah cukup (kursi untuk maju)," tambahnya. Ketika itu, kata dia Bachtiar hanya melihat foto rekomendasi Partai Gerindra.

"Waktu itu yang saya lihat cuma Gerindra, beliau (Ridho) sampaikan didukung partai lain juga, tetapi tidak disebut. Yang jelas ketum menanyakan partai lain sudah dukung mana? Dia (Ridho) tunjukin ini lho. Makanya berharap PAN juga dukung," ungkapnya.

Bachtiar mengatakan ia masih konsisten dengan pernyataan sebelumnya, siap maju Pilgub dan tidak maju. Namun, secara pribadi mendukung Ridho maju sebagai gubernur untuk dua periode. "Saya tetap konsisten, bisa ikut, gubernur, wakil gubernur, bisa tidak ikut, tetapi yang jelas saya tetap mendukung Ridho sebagai gubernur. Kita berharap dari PAN juga, tetap bersama-sama (Ridho Berbakti Jilid II), tetapi kalau tidak bersama juga tidak bermaslaah, karena kita tidak mementingkan individu saya, tetapi partai keseluruhan," paparnya.

Sementara mengenai pertemuan dengan Ketua DPD Gerindra Lampung, Gunadi di Bandung dalam acara yang sama, ia mengatakan juga dalam rangka lobi-lobi koalisi. "Kalau Gunadi, ya saya bilang masih dinamis. Kemudian kita juga tanyakan kenapa kok dia, mengajukan Golkar, Pak Arinal, katanya usulan dari PAC-PAC jadi harus diteruskan," tandasnya.

Bachtiar mengaku sejauh ini rekomendasi PAN masih berproses. Namun, September mendatang, ia optimistis sudah ada kejelasan arah koalisi partai. "Semua partai saya rasa September nanti (keluar rekomenda) kalau dari PAN sekarang (rekomendasi) belum keluar, kalau di September saya rasa dari parpol-parpol sudah ada. Hampir semua parpol dalam waktu yang tidak terlalu lama ini, mengadakan survei, penentuan siapa yang layak didukung gubernur wakil gubernur," pungkasnya. (ben)

Penulis: Beni Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help