TribunLampung/

Perusahaan Hotel Pekerjakan Karyawan 42 Jam Seminggu

KEPADA Yth Dinasker Provinsi Lampung. Saya mau tanya, perusahaan hotel tempat saya bekerja jelas membuat peraturan tertulis dalam 1 minggu minimal ber

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth Dinasker Provinsi Lampung. Saya mau tanya, perusahaan hotel tempat saya bekerja jelas membuat peraturan tertulis dalam 1 minggu minimal bekerja 40 jam.

Sedangkan saya bekerja 1 minggu itu 42 jam, ada kelebihan 2 jam, kalau 1 bulan itu jadi 8 jam dan jika 1 tahun berarti 96 jam. Jad sebenarnya hak saya itu dibayar atau bagaimana? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Pengirim: +6282183242xxx

Kelebihan Jam Kerja Dianggap Lembur

KAMI jelaskan bahwa ketentuan jam kerja ini telah diatur dalam dua sistem sesuai ketentuan pada Pasal 77 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentnag Ketenagakerjaan, yang mewajibkan setiap pengusaha melaksanakan ketentuan jam kerja.

1. Tujuh jam kerja dalam satu hari atau 40 jam kerja dalam satu minggu untuk enam hari kerja dalam satu minggu; atau
2. Delapan jam kerja dalam satu hari atau 40 jam kerja dalam satu minggu untuk lima hari kerja dalam satu minggu.

Pada kedua sistem jam kerja tersebut juga diberikan batasan jam kerja yaitu 40 jam dalam satu minggu. Apabila melebihi dari ketentuan waktu kerja tersebut, maka waktu kerja biasa dianggap masuk sebagai lembur sehingga pekerja/buruh berhak atas upah lembur.

Jadi, apabila perusahaan di tempat anda mempekerjakan lebih dari ketentuan itu maka pekerja mempunyai hak untuk dibayar upah kelebihan jam kerjanya sebagai hak lemburnya.

Dra Hj SUMIARTI
Kadisnaker dan Ketenagakerjaan Provinsi Lampung

Tags
Provinsi
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help