TribunLampung/
Home »

Sport

» MotoGP

MotoGP

Gara-gara Cedera, Valentino Rossi Pernah Melewatkan 4 Seri MotoGP

Pebalap tim Movistar Yamaha itu kecelakaan saat latihan enduro di Tavuilla pada Rabu (31/8/2017).

Gara-gara Cedera, Valentino Rossi Pernah Melewatkan 4 Seri MotoGP
(MOTOGP.COM)
Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi latihan bebas kedua GP Jerman di Sachsenring, Jumat (30/6/2017).(MOTOGP.COM) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Kabar buruk buat penggemar seri balapan MotoGP. Sepuluh hari menjelang GP San Marino, Minggu (10/9/2017), Valentino Rossi mengalami kecelakaan yang membuatnya cedera parah.

Pebalap tim Movistar Yamaha itu kecelakaan saat latihan enduro di Tavuilla pada Rabu (31/8/2017). Akibatnya, The Doctor didiagnosa mengalami patah tulang tibia dan fibula pada kaki kanan.

Rossi diprediski absen saat GP San Marino pekan depan. Padahal, balapan ini digelar di dekat rumah juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut.

Sebelumnya, Rossi juga pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang sendi tibia kanan, yakni pada tahun 2010 pada MotoGP Italia.

Dia jatuh dari motor dengan kecepatan 190 Km/jam saat latihan bebas kedua di Sirkuit Mugello.

Akibatnya, peraih sembilan gelar balap motor ini harus rela melewatkan empat seri MotoGP. Dia tak bisa ambil bagian dalam balapan GP Italia, Inggris, Belanda dan Catalunya.

Beruntung, masa penyembuhan Rossi saat itu hanya enam minggu. Ini lebih cepat dari perkiraan. MotoGP Jerman 2010 menjadi comeback Rossi setelah cedera tersebut, di mana dia finis di posisi keempat.

Bila melihat riwayat penyembuhan cedera tersebut, kemungkinan Rossi akan melewatkan GP San Marino, Aragon, Jepang dan Australia pada musim ini.

Tentu saja hal tersebut sangat merugikan. Melewatkan empat seri jelas akan membuat kans Rossi untuk meraih gelar ke-10 MotoGP sangat tipis bahkan pupus.

adahal, saat GP Inggris, Rossi menunjukkan performa yang impresif dengan memimpin balapan selama 17 lap, meskipun pada akhirnya finis di posisi ketiga karena kehilangan grip ban belakang.

Di sisi lain, performa Andrea Dovizioso juga sedang menanjak. Pebalap tim Ducati itu berhasil menang dalam dua seri terakhir yakni Austria dan Inggris.

Rossi saat ini berada di peringkat keempat klasemen sementara dengan raihan 157 poin. Dia terpaut 26 poin dari Dovizioso yang memuncaki tabel.

Editor: taryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help