TribunLampung/

wisata

Tiga Gunung yang Wajib Didaki Saat Explore Lampung

Walaupun gunung ini tidak begitu tinggi namun pemandangan laut akan sangat jelas terlihat dari atas puncaknya.

Tiga Gunung yang Wajib Didaki Saat Explore Lampung
Tribunlampung/Dennish
View Gunung Seminung Lampung Barat. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bagi anda pecinta alam maupun pendaki gunung, Lampung mempunyai tiga gunung yang layak didaki, Daya tarik yang dijanjikan juga tak kalah dibandingkan gunung-gunung tersohor lainnya di kawasan Pulau Jawa.

Lampung rata-rata ketinggian gunung mulai dari 800mdpl hingga 2200mdl
Kali ini tribun lampung akan mengulas beberapa gunung yang di lampung yang patut di explore Salah staunya

1. Gunung Tanggamus, Kota Agung

Gunung Tanggamus terletak di Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung selatan. Tepatnya, badan kaki gunung ini menancap di tiga kecamatan yaitu Kota Agung, Gisting dan Ulubelu. Adapun ketinggian gunung ini adalah 2.102 mdpl. Pemandangan di jalur Gunung Tanggamus sangat indah dan bisa melihat Teluk Semangka dari sana.

Untuk pendakian, jalur paling umum adalah dari Gisting. Dari Gisting pendaki harus berjalan sejauh lima kilometer untuk sampai di ujung aspal. Lima kilometer lagi pendaki akan menemukan basecampsnorkeling. Setelah itu 15 menit dari tempat tersebut, pendaki menemukan pintu masuk atau yang kerap disebut rimba hutan. Kemudian, tiga jam dari sana, pendaki akan menemukan shelter ke-2.

Pendakian di Gunung Tanggamus
Pendakian di Gunung Tanggamus (Tribunlampung/Dennish)

Hal yang menantang dari pendakian Gunung Tanggamus adalah adanya tebing terjal yang mengharuskan pendaki mendaki menggunakan alat bantu dan tidak adanya air di puncak, sehingga pendaki harus membawa perbekalan berupa air dari bawah atau base camp snorkeling. Namun, semua itu akan terbalaskan, pendaki akan menemukan hutan lumut yang sangat sejuk dan eksotik di puncak Gunung Tanggamus.

2. Gunung Seminung, Lampung Barat

Pasti pernah mendengar cerita sebuah danau terkenal yang terletak di perbatasan antara provinsi Sumatera Selatan dan Lampung yaitu Danau Ranau. Indahnya danau ini ditambah dengan alur danau yang mengelilingi sebuah gunung yang menjulang dan salah satunya ialah Gunung Seminung.

Tinggi Gunung ini diperkirakan tidak sampai 1881 mdpl. Tapi jangan kaget apabila anda menemukan bunga Edelweis khas Sumatera di puncaknya. Untuk menemukan bunga tersebut waktu yang pas ialah sekitar bulan Juli sampai Agustus.

Gunung Seminung
Gunung Seminung (Tribunlampung/Dennish)
Halaman
12
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help