TribunLampung/

Makan Cokelat Hitam Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Efek antioksidan yang dimiliki flavonoid memiliki kemampuan besar untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Makan Cokelat Hitam Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi
net
Ilustrasi - Cokelat hitam 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Penyakit kardiovaskular, alias penyakit pada jantung dan pembuluh darah, merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pertama di dunia.

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan faktor risiko untuk terjadinya penyakit kardiovaskular.

Di era yang semakin maju ini, banyak orang cenderung kurang melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, sehingga semakin meningkatkan risiko terjadinya penyakit tersebut.

Diperlukan adanya modifikasi gaya hidup untuk menurunkan risiko tersebut, selain dengan berolahraga tentunya harus diimbangi dengan makanan yang tepat.

Namun tahukah Anda bahwa banyak hipotesis mengatakan bahwa mengonsumsi cokelat hitam alias dark chocolate dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular?

Dark chocolate atau cokelat hitam merupakan suatu tanaman bernama Theobrama cacao yang kaya akan flavonoid.

Dark chocolate memiliki fungsi sebagai pelindung jantung termasuk sebagai antioksidan dan penghambat aktivitas platelet (trombosit).

Selain itu, mengonsumsi cokelat hitam diketahui memiliki keuntungan dalam  menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Tapi ini bukan berarti kita dapat mengonsumsi cokelat hitam secara berlebihan, karena konsumsi cokelat yang berlebihan juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita.

U.S. Food and Drug Administration telah membagi cokelat menjadi beberapa kategori berdasarkan kandungan cacao di dalamnya, di antaranya adalah :

Halaman
123
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help