TribunLampung/

wisata

Pecinta Kopi Wajib Coba Robusta Sekincau

Mengunjungi Lampung tentu saja tak lengkap jika belum mencoba minuman kopinya.

Pecinta Kopi Wajib Coba Robusta Sekincau
Tribun Lampung/Heru Prasetyo
Minuman Robusta Sekincau di Kedai Anak Lanang yang terletak di Jalan Sultan Haji No17, Sepangjaya Kedaton. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Heru Prasetyo

TRIBUN LAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Mengunjungi Lampung tentu saja tak lengkap jika belum mencoba minuman kopinya. Sebagai daerah penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia, Lampung memiliki varian minuman kopi yang beragam.

Salah satunya ditawarkan Kedai Anak Lanang yang terletak di Jalan Sultan Haji No17, Sepangjaya Kedaton. Di kedai kopi yang dikelola oleh lulusan kampus Yogyakarta ini, seduhan kopi dengan teknik V60 yang dihadirkan adalah terbaik.

Artinya, dari pemilihan biji terbaik hingga pemrosesan dilakukan sepenuh hati. Hasilnya pun kopi bercitarasa yang sulit untuk ditolak. Sabri sang pemilik mengaku menggunakan biji kopi terbaik di nusantara. Sebut saja seperti kopi dari Garut, Kerinci, Pantan Musara, Bone Bone. Dan juaranya tentu adalah robusta terbaik dari Sekincau Liwa.

Sajian V60 dinamai demikian karena corong yang digunakan untuk menyeduh kopi menggunakan sudut elevasi 60 derajat. Hal ini dibuat agar air dapat mengalir dengan baik ke tengah sesuai dengan waktu yang ditentukan.

V60 juga memiliki lubang yang cukup besar di tengahnya sehingga membuat barista dapat mencapai rasa yang diinginkan sesuai dengan kecepatan aliran air yang dituangkan. Selain itu, pola spiral yang ada di permukaan corong V60 memungkinkan aliran air lebih merata dengan bubuk kopi di dalamnya.

Jadi, ketika barista menuangkan air hangat ke paper filter. Semerbak kopi terbaik langsung menguat. Dilanjutkan satu demi satu tetes kopi mula jatuh ke mug. Tidak kental. Tidak juga encer. Begitu pas dengan kesan pahit yang tetap terjaga.

"Semua berasal dari biji kopi pilihan. Dan diseduh dengan hati," begitu sang pemilik kedai memuji sajiannya sendiri. Bagi pecinta kopi. Menikmati seduhan kopi di kedai yang berkonsep rumah ini tidak perlu merogoh kocek dalam. Kopi dibanderol mulai dari Rp 10 ribu. Kedai buka mulai pukul 19.00-24.00 WIB.(*)

Penulis: heru prasetyo
Editor: Gustina Asmara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help