TribunLampung/

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Kopi Kerinci Natural Beraroma Cempedak dan Pisang

Kopi arabika asal Kerinci menjadi salah satu sajian unik di Kedai Kopi Anak Lanang di Jalan Sultan Haji No 75, Kota Sepang, Bandar Lampung.

Laporan Reporter Tribun Lampung Yoga Noldy Perdana

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kopi  arabika asal Kerinci menjadi salah satu sajian unik di Kedai Kopi Anak Lanang di Jalan Sultan Haji No 75, Kota Sepang, Bandar Lampung. Dikatakan unik karena kopi ini memiliki aroma pisang, cempedak, atau pun nangka.

Kopi arabika Kerinci ini bisa diproses atau dibuat dengan berbagai metode seperti Vietnam drip, V60, ataupun tubruk. Namun kali ini Tribun Lampung berkesempatan mencoba hasil racikan melalui metode Frenchpress.

Pengelola Kedai Kopi Anak Lanang, Dwi Sakti Muhammad Huda menjelaskan, Frenchpress merupakan proses membuat kopi dengan memakai alat gelas dan penekan atau plunger yang dilengkapi dengan penyaring, semacam kasa kawat untuk memisahkan ampas kopi dengan cairan kopinya.

Pada proses awal, biji kopi yang masih utuh digiling (grinder) dengan tingkatan medium. Setelah itu dimasukan ke dalam alat penyaring (frenchpress) tersebut, yang kemudian dimasukan air panas dengan tingkat kepanasan di atas 90 derajat celcius.

Setelah didiamkan kira-kira selama lima menit, barulah kopi tersebut dipress untuk memisahkan ampas kopi dan air. Hasilnya baru dituang ke dalam cangkir. Aroma khas arabika bercampur aroma uniknya yaitu pisang yang terbawa oleh asap uap kopi ini dijamin membuat penasaran.

Saat mencicipi kopi tersebut, ada sensasi rasa gula merah namun tetap tidak meninggalkan cita rasa khas kopi arabika yaitu bernuansa masam. "Apabila diseruput tanpa gula tentunya menjadikan kopi ini terasa nikmat untuk mendapatkan rasa yang original," jelas Huda, Rabu (6/9).

Untuk menikmati secangkir kopi Kerinci natural proses dengan metode frenchpress ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 15 ribu.(yga)

Penulis: Yoga Noldy Perdana
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help