TribunLampung/

Kendaraan Mati Pajak Bisa Kena Tilang?

STNK yang belum dilaksanakan pengesahannnya, maka STNK tersebut dinyatakan tidak sah sehingga tidak memiliki legitimasi untuk pengoperasian ranmor

Kendaraan Mati Pajak Bisa Kena Tilang?
Ist
Ilustrasi - tilang 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - YTH Kasatlantas Pesawaran. Saya pada hari Sabtu 2 September 2017, terjaring razia di Pesawaran tepatnya di jalan lintas timur Sumatera, sesudah Polsek Tegineneng.

Karena pajak mobil saya mati enam bulan petugas polisi hendak menilang. Apakah mati pajak wewenang polri atau dispenda dan apakah bisa ditilang dan kalau bisa apa pasalnya? Terimakasih penjelasannya.

Pengirim: +6285279947xxx

Tidak Memiliki Legitimasi Bisa Ditilang

KAMI terangkan bahwa sesuai dengan edaran Surat Korlantas Polri No B/700/II/2017/KORLANTAS tanggal 8 Februari 2017 tentang Petunjuk Pengesahan STNK.

Maka terkait adanya beberapa keluhan masyarakat tentang adanya pelanggaran lalu lintas yang ditindak dengan tilang oleh petugas penindak (anggota Polantas) dengan pelanggaran STNK yang belum disahkan.

Dan untuk menjawab pertanyaan dari beberapa anggota polantas di jajaran yang masih ada keraguan dalam menindak masyarakat yang melanggar seperti tersebut di atas.

Jadi kesimpulannya adalah STNK yang belum dilaksanakan pengesahannnya, maka STNK tersebut dinyatakan tidak sah sehingga tidak memiliki legitimasi untuk pengoperasian ranmor di jalan.

Jika ada pelanggar seperti tersebut di atas maka petugas penindak dapat menerapkan pasal 288 ayat (1) yang berbunyi "Setiap orang yang mengemudikan Ranmor di jalan tidak dilengkapi dengan STNK atau STCK yang ditetapkan oleh Polri sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu."

AKP. Rohmawan
Kasatlantas Polres Pesawaran

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help