TribunLampung/

Menu Lari Wajib Disantap Ricky, Siswa SMKN 2 Wakili Lampung di O2SN Bulutangkis

Prestasi membanggakan datang dari SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Ricky Dwi Saputra, siswa terbaik sekolah ini di bidang bulutangkis

Menu Lari Wajib Disantap Ricky, Siswa SMKN 2 Wakili Lampung di O2SN Bulutangkis
Ricky dan pelatihnya Ani 

Laporan Reporter Tribun Lampung Heru Prasetyo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Prestasi membanggakan datang dari SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Ricky Dwi Saputra, siswa terbaik sekolah ini di bidang bulutangkis, akan mewakili Lampung pada ajang Olimpiade Olahaga Sekolah Nasional (O2SN) Oktober mendatang.

Siswa kelas 12 Teknik Permesinan 2 itu sukses menjadi yang terbaik setelah sebelumnya menumbangkan sejumlah kompetitor seluruh dari Lampung. Terakhir adalah ketika Ricky harus berhadapan dengan penantang dari SMK Negeri 1 Pringsewu di final seleksi provinsi.

Beruntung, keuletan dan kesabaran Ricky dalam pertandingan membawanya menjadi juara provinsi. "(SMKN 1) Pringsewu adalah lawan terkuat. Fisik mereka tidak perlu disanksikan, ditambah teknik mereka bagus. Beruntung saya bisa meladeninya," ungkap Ricky berbagi kisah, Sabtu (9/9).

Usai menumbangkan wakil Pringsewu, tugas sulung dua saudara ini belum usai. Kini ia memiliki pekerjaan rumah tidak kalah berat. Satu hal yang jadi sorotan adalah bagaimana memperbaiki kemampuan fisiknya agar tidak kewalahan saat memainkan rally-rally panjang.

Pada level permainan tersebut, putra pasangan Mukminin dan Azzah Rawa'aini mengakui belum maksimal. Sering kali ia harus terengah-engah dan merelakan poin kepada lawan.

"Hal sulit adalah saat dipaksa rally panjang. Nafas kadang engap," keluhnya akan kelemahan diri yang akan dievaluasi segera. Mau tidak mau fisik harus digenjot lagi, biar aman. Jadi pas harus rally panjang atau rubber set (set tambahan) masih kuat nafas dan fisik," jelas Ricky.

Alhasil, terang dia, latihan fisik rutin dilakukan. Menu latihan seperti berlari adalah hal wajib yang harus disantap. Ditambah beberapa latihan seperti push-up, dan sejumlah gerakan yang memacu fisik bekerja ekstra keras.

Latih tanding dengan rekan pun mutlak dilakukan untuk menambah pengalaman dalam beberapa kondisi pertandingan. "Di bulutangkis tida semua tentang fisik. Teknis juga penting, seperti netting, kelihatannya mudah. Tapi di lapangan tidak mudah mengembalikan shuttlecock melewati net tanpa terkena raket," jelas dia.

Sementara pelatih bulutangkis sekaligus guru olahraga di SMKN 2 Bandar Lampung Ani Setiawati, menilai Ricky memiliki modal yang cukup. Poin pentingnya adalah Ricky memiliki bakat alami di cabang bulutangkis.

"Saat ini Ricky butuh latihan fisik lebih keras dan juga pematangan teknik. Jadi dia lebih ke sparing bareng kawan. Biar makin banyak pengalaman bertanding," ungkap Ani.

Menu latihan Ricky, sambung dia, diatur sedemikian rupa agar tidak memorsir sang siswa. Dalam sehari Ricky diberikan jatah dua jam berlatih, baik fisik maupun latih tanding.

"Harapannya dia benar-benar siap berhdapan dengan atlet lain yang levelnya di atas. Tidak peduli menang atau kalah karena yang penting Ricky harus berikan yang maksimal. Itu saja," tegas Ani.(heru prasetyo)

Penulis: heru prasetyo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help