TribunLampung/
Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) 2.000-an Mahasiswa Unila Terancam Drop Out

Sekitar 2.000-an mahasiswa Universitas Lampung (Unila) terancam akan dikeluarkan atau drop out (DO) dari kampus tersebut.

Laporan Reporter Tribun Lampung Bayu Saputra 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG  - Sekitar 2.000-an mahasiswa Universitas Lampung (Unila) terancam akan dikeluarkan atau drop out (DO) dari kampus tersebut. Mereka ini adalah mahasiswa yang tidak aktif atau yang telah melampaui masa mukim.

Wakil Rektor Unila Bidang Akademik Bujang Rahman mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pemutakhiran data. "Jadi, jika ada mahasiswa yang tidak lagi kuliah maka didata akademik akan dihapus (clearing)," kata ketua Forum Warek PTN se-Sumatera ini, Senin (11/9).

Bujang menyebut, dari 32 ribu mahasiswa Unila ada ada sekitar 2.000-an mahasiswa yang sudah tidak aktif lagi. Mereka umumnya adalah mahasiswa angkatan 2010 ke bawah yang telah melewati batas masa mukim. Maksimal masa mukim sesuai ketentuan adalah 14 semester (sudah termasuk pertimbangan).

Menurut Bujang, pihaknya telah mengirimkan surat ke seluruh fakultas untuk meng-update data mahasiswa setiap prodi. Bujang menjelaskan, upaya clearing itu berdasarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristek Dikti) Nomor 44 Tahun 2015 tentang Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia dan Peraturan Akademik Unila Tahun 2016.

Selain itu, ada surat edaran nomor 1064/UN26/KU/2017 tentang implementasi pemberian sanksi denda keterlambatan bagi mahasiswa program diploma, sarjana, dan pasca sarjana Unila, terkait pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) dan SPP.

"Aturan tersebut akan diberlakukan pada 31 Oktober 2017 mendatang. Jika aturan itu diberlakukan maka kami akan melakukan DO massal bagi mahasiswa yang tidak aktif lagi," tegasnya.

Penulis: Bayu Saputra
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help