TribunLampung/

Pengakuan PSK yang Tertangkap: Saya Itu Cuma Ngopi

Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Bandar Lampung Murzarin Daud mengaku telah menerima beberapa kali anak jalan

Pengakuan PSK yang Tertangkap: Saya Itu Cuma Ngopi

Laporan Wartawan Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Bandar Lampung Murzarin Daud mengaku telah menerima beberapa kali anak jalan (anjal), gepeng, serta PSK dari Satpol PP Kota Bandar Lampung.

"Ini sudah kesekian kalinya, dan siang ini kita terima empat orang yang terdiri dari 2 anjal dan 2 PSK, nantinya kita panggil keluarga, jika memang tidak ada keluarga yang datang maka akan diteruskan ke panti rehabilitasi," ujarnya, Rabu (13/9/2017).

Murzarin mengatakan sebelum limpahan dari Satpol PP ini akan di data dahulu dengan melakukan pembinaan terhadap keluarga. Kemudian yang bersangkutan akan membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya.

"Kami buat lebih menyetuh, agar keluarga juga paham, apa sih yang dilakukan keluarganya setiap hari, kemudian dicek KTP, KK, kalau memang cocok kita kembalikan dengan keluarga dengan syarat tidak mengulangi lagi," tegasnya.

Meski demikian, Murzarin mengungkapkan ada tiga tahapan dalam penindakan masalah sosial ini. Yang pertama peringatan, jika belum jera akan ada pembinaan.

"Kalau memang tetap saja mengulang maka akan dilakukan sanksi berupa denda sesuai dengan Perda yang berlaku," lanjutnya.

Namun, untuk pembinaan rehabilitasi pihak Dinas Sosial Kota Bandar Lampung masih bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Lampung.

"Rehabilitasi akan dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi Lampung, jadi jika beberapa anjal ini tidak ada keluarga yang menjemput, akan kami serahkan pada provinsi yang selanjutnya akan dilakukan rehabilitasi dengan tenggang waktu sesuai ketentuan yang diberlakukan oleh provinsi," tutur Murzarin.

Murzarin menambahkan, jika ini merupakan upaya yang dilakukan dalam mengurangi populasi Anjal.

"Tapi semua kami kembalikan ke personalnya apakah mentalnya tetap seperti itu atau tidak, tapi sejauh ini jarang anjal yang mengulang perbuatannya," tandasnya.

Sementara itu, PSK yang tertangkap mengaku tidak sedang bekerja lagi. "Sumpah saya sudah tidak mangkal lagi, saya sudah punya suami, saya itu cuman ngopi," sebut Yanti yang mengaku diciduk di Tunas.

Sedang Wawan, seorang anjal terus memohon belas kasihan kepada staf Dinsos Kota Bandar Lampung untuk segera dipulangkan.

"Ampun, pak saya tobat gak ngulangin lagi sumpah, tolong antar saya pulang, saya gak mau direhabilitasi," sebut Wawan terus menerus

Penulis: hanif mustafa
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help