TribunLampung/

Supaya Jantung Tetap Sehat, Yuk Konsumsi Lima Buah Ini

Vitamin A, B6, dan C, folat, potasium, serat merupakan kandungan melon yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Supaya Jantung Tetap Sehat, Yuk Konsumsi Lima Buah Ini
asiaone
Ilustrasi - Melon Yubari, Jepang 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Lemah jantung adalah kondisi kesehatan dimana jantung tidak mampu memompa dan mengalirkan cukup darah ke seluruh bagian tubuh. Penyebab lemahnya jantung bisa berasal dari kelahiran atau genetika dan bisa disebabkan oleh faktor tekanan darah tinggi.

Ada beberapa buah disekitar kita yang bisa memperkuat kembali jantung yang lemah, berikut diantaranya :

1. Nanas
Buah yang memiliki warna daging kuning terang ini sangat menarik perhatian. Rasa segar, asam dan manis ini akan memberi sensasi pada lidah Anda.

Akan tetapi tahukah anda bahwa nanas bisa menyediakan kebutuhan tubuh akan vitamin C secara 100% dan ini yang dibutuhkan oleh jantung untuk melawan radikal bebas sehingga kinerja jantung lebih baik dan lebih kuat. Tapi wanita tidak boleh makan terlalu banyak karena bisa menimbulkan keputihan.

2. Apel
Kandungan vitamin C, serat serta flavonoid dalam apel sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Flavonoid bisa meningkatkan kekuatan jantung dengan cara mengurangi adhesi trombosit pada arteri, juga bisa menurunkan kolesterol dan mengistirahatkan serta melebarkan arteri.

Pilih buah apel yang kulitnya mengkilap tidak kusam dan hindari buah yang memiliki memar. Cuci terlebih dahulu sebelum dimakan agar pestisida dan zat-zat berbahaya hilang.

3. Melon
Vitamin A, B6, dan C, folat, potasium, serat merupakan kandungan melon yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Anda bisa menyimpan buah melon yang sudah dipotong-potong selama 5 hari tanpa kehilangan manfaatnya.

4. Alpukat
Buah alpukat ini banyak memiliki khasiat untuk kesehatan. Kandungan gula yang rendah serta kalium yang tinggi ini bisa menahan ketegangan otot di dalam jantung sehingga jantung menjadi tambah kuat serta terhindar dari berbagai penyakit jantung. Buah ini bisa dibuat salad, jus atau lainnya sesuai selera Anda.

5.Kiwi
Siapa sangka buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang dua kali lebih banyak dari jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi inilah yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh dan membuat pembuluh darah menjadi elastis yang menjadikan sirkulasi darah menjadi lancar dan membuat jantung menjadi lebih kuat.
Itulah 5 buah yang bisa membuat jantung lemah anda menjadi kuat kembali. Semoga bermanfaat.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help