TribunLampung/

Imunisasi Anak Pakai BPJS Kes Milik Ibunya, Bolehkah?

Mohon penjelasan terkait kepesertaan JKN-KIS anak, anak saya berusia dua bulan dan Kamis kemarin saya mau imunisasi ke puskesmas menggunakan kartu JK

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth BPJS Bandar Lampung. Mohon penjelasan terkait kepesertaan JKN-KIS anak, anak saya berusia dua bulan dan Kamis kemarin saya mau imunisasi ke puskesmas menggunakan kartu JKN-KIS ibunya, tapi ditolak karena harus menggunakan kartu JKN-KIS anak tersebut, apakah benar demikian? Terimakasih atas penjelasannya.
Pengirim: +6285369707xxx

Tidak Dapat Digunakan Bukan Pemilik Kartu

KARTU JKN-KIS adalah kartu identitas Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional yang paling sedikit memuat nama dan nomor identitas Peserta BPJS Kesehatan yang terintegrasi dengan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) dan diberikan kepada setiap Peserta sebagai bukti yang sah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Kartu JKN-KIS berlaku untuk peserta yang sah sesuai identitas yang terdapat dalam kartu tersebut yang terintegrasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tidak dapat digunakan oleh orang lain selain pemiliknya yang sah.

Penggunaan kartu JKN-KIS oleh orang yang bukan pemiliknya yang sah dapat dijatuhi sanksi pidana. Setiap orang yang belum didaftarkan sebagai peserta JKN - KIS tidak dapat dijamin biaya pengobatannya.

Sedia payung sebelum hujan, daftarkanlah diri beserta anggota keluarga sebagai peserta JKN-KIS sebelum ada anggota keluarga yang sakit.

MUDAYANTO
Staf Komunikasi Publik BPJS Cabang Bandar Lampung

Tags
BPJS
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help