TribunLampung/

APBD Bandar Lampung Turun Rp 24 Miliar, Ini Alasannya

Menurutnya, penurunan tersebut dari pajak daerah, restribusi, bagi hasil pajak dan dana alokasi khusus dengan besaran 0,98 %

APBD Bandar Lampung Turun Rp 24 Miliar, Ini Alasannya
Herman HN 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Proyeksi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota Bandar Lampung tahun 2018 mengalami penurunan hingga Rp 24 Milyar.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Bandar Lampung Herman pada sidang Parnipurna DPRD Kota Bandar Lampung dalam rangka penyampaian kebijakan umum anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Semantara (PPAS) APBD Kota Bandar Lampung tahun anggaran 2018, Selasa (3/10/2017).

"APBD Kota Bandar Lampung tahun 2018 diproyeksikan mencapai Rp2,474 triliun, nilai tersebut mengalami penurunan Rp 24 miliar dibandingkan APBD 2017 sebesar Rp2,498 miliar," ungkap Herman HN.

Menurutnya, penurunan tersebut dari pajak daerah, restribusi, bagi hasil pajak dan dana alokasi khusus dengan besaran 0,98 %.

Sedangkan alokasi belanja daerah mencapai Rp 2,431 miliar dengan mengutamakan tiga sektor.

Pertama pendidikan dengan besaran Rp 827 miliar yang lebih dari 34,01%, lalu Rp 251 miliar di sektor kesehatan dan Rp 350 miliar atau naik 14,40% untuk infrastruktur.

Sementara itu pada belanja tidak langsung, Herman mengaku mengalokasikan plafon anggaran sebesar Rp 1,058 triliun.

Yang mana dipergunakan untuk belanja pegawai, belanja hibah, bantuan sosial, keuangan dan belanja tidak terduga.

"Kalau belanja langsung mencapai Rp1,373 triliun, artinya, perbandingan belanja daerah APBD 2018 belanja tidak langsung sebesar 44,52 persen dan belanja langsung sebesar 56,48 persen," terangnya.

Herman HN mengatakan pemangkasan ini dikhususkan untuk kegiatan yang sudah tidak berjalan lagi.

"Ya kegiatan yang gak jalan lagi dananya gak turun dong, seperti di SMI, banyak lah anggaran-angaran yang kita canangkan gak dibelanjakan lagi," katanya.

Herman HN pun berharap penurunan APBD ini bisa bisa berjalan dengan baik dan tidak ada halangan. "Mudah-mudahan," tandasnya.

Penulis: hanif mustafa
Editor: wakos reza gautama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help