TribunLampung/

Petani Diminta Proaktif Laporkan Serangan Hama Busuk Batang ke Dinas

“Kita belum dapat laporan. Tapi segera akan kita minta penyuluh melakukan pengecekan,”

Petani Diminta Proaktif Laporkan Serangan Hama Busuk Batang ke Dinas
Tribunlampung/Dedi
Petani pisang Pulau Rimau 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMSEL - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Lampung Selatan, Rini Ariasih mengatakan sejauh ini dinas masih belum mendapatkan laporan adanya serangan hama busuk batang (posarium) pisang di pulau Rimau.

Tetapi, lanjutnya, pihaknya akan melakukan pengecekan untuk memastikan sejauhmana serangan hama busuk batang pisang di pulau tersebut. Ia pun meminta petani bisa pro aktif melaporkan jika memang ada serangan hama tertentu

“Kita belum dapat laporan. Tapi segera akan kita minta penyuluh melakukan pengecekan,” ujarnya kepada tribun, selasa (3/10).

Lebih lanjut Rini Ariasih mengatakan, ada banyak kemungkinan penyebab terjadinya serangan hama. Seperti perlakukan pertama pada awal budidaya pisang. Petani disarankan menggunakan agen hayati untuk mengendalikan kemungkinan munculnya serangan hama tertentu.

Pengendalian perlu dilakukan. Pasalnya penyakit busuk batang ini bisa menyebar. Perlu ada langkah-langkah penanganan yang tepat untuk mengendalikan sebarannya.

“Selain itu, terkadang penanganannya juga salah. Pisau/parang untuk memotong batang pisang yang terkena hama busuk batang, harus dibersihkan sebelum digunakan ke batang pisang lainnya. Karena bisa ada virus yang menyebar,” tandasnya.(dedi/tribunlampung)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help