TribunLampung/

KTNA Dukung Keterlibatan Perbankan Dalam Peternakan Sapi

Salah satunya yang bisa dilakukan pemerintah, lanjutnya, dengan menambah alokasi anggaran untuk program insemenasi (kawin suntik)

KTNA Dukung Keterlibatan Perbankan Dalam Peternakan Sapi
KOMPAS.com/ Junaedi
Ilustrasi sapi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNGSELATAN - Keinginan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Selatan mendorong usaha peternakan rakyat (petani) mendapat sambutan positif dari ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) setempat, Amin Syamsudin.

Menurutnya, pemerintah daerah memang harus mendorong pengembangan ternak rakyat mengarah pada usaha yang menjanjikan bagi para petani peternak.

“Tentu ini sangat baik. Memang seharusnya ternak sapi tidak lagi hanya sekedar kegiatan sampingan dari petani. Tapi sudah menjadi usaha lain yang ditekuni dengan serius,” ujarnya kepada Tribun Lampung, Senin (9/10/2017).

Hanya saja, Amin mengingatkan target Dinas Peternakan tidak sekedar wacana.

Pemerintah, kata dia, juga perlu memberikan dukungan kepada para petani peternak agar bisa mengembangkan ternaknya.

Salah satunya yang bisa dilakukan pemerintah, lanjutnya, dengan menambah alokasi anggaran untuk program insemenasi (kawin suntik).

Ini untuk memperluas cakupan indukan sapi produktif yang bisa mengikuti program tersebut.

Tentu, kata Amin, keterlibatan dunia perbankan perlu untuk terus didorong agar lebih aktif. Selama ini perbankan masih cukup enggan untuk terjun dalam pembiayaan usaha ternak sapi rakyat.

 “Kalau kita ingin mendorong petani bisa lebih serius dalam usaha peternakan, selain dukungan kuat pemerintah, juga perlu keterlibatan perbankan. Selama ini usaha peternak rakyat hanya mengandalkan program pemerintah. Tentu akselerasinya akan lambat. Tapi jika pembiayaan perbankan bisa masuk, tentu akan lebih cepat,” tandasnya.

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: wakos reza gautama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help