TribunLampung/

Perkenalkan, Ini Dosen UBL Ahli Bikin Robot, Apa Saja Yang Diciptakan

Kalau jumlahnya sudah banyak, saya sulit menghitungnya. Cuma kalau untuk jenisnya yang dibuat ada

Perkenalkan, Ini Dosen UBL Ahli Bikin Robot, Apa Saja Yang Diciptakan
Tribunlampung.co.id
Riza Muhadi PhD, ahli robot di Universitas Bandar Lampung 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Kemajuan teknologi saat ini yang semakin berkembang pesat ternyata bermanfaat bagi semua lini kehidupan masyarakat dalam membantu meringankan pekerjaan ataupun kehidupan rutinitas setiap hari.

Hal ini yang kini sedang dilakukan, Riza Muhida, Ph.D. Kepala Pusat Studi Mekatronik dan Otomasi Universitas Bandar Lampung (UBL) tersebut, menciptakan berbagai robot sesuai fungsi kegunaannya.

Wakil Presiden Robotic Organizing Commitee Indonesia ini, ternyata sudah banyak menciptakan beragam jenis robot.

BACA JUGA : WOW, Kasus Mega Transfer Rp 19 Triliun, Banyak Pengusaha Terlibat, Siapa Mereka

"Kalau jumlahnya sudah banyak, saya sulit menghitungnya. Cuma kalau untuk jenisnya yang dibuat ada sekitar delapan jenis robot," ungkap Riza saat dijumpai di kampus Dra Hj. Sri Hayati Barusman Pascasarjana UBL, Senin (9/10/2017).

Pria yang pernah menjadi Associate Professor di Department Mechatronics Engineering, International University Malaysia (IIUM) tersebut, juga sudah menciptakan berbagai produk robotik untuk industri dan militer.

Dulu sempat diminta melakukan riset penelitian dan persenjataan oleh kepala staf angkatan darat Kementerian Pertahanan pada waktu itu di tahun 2014 lalu.

"Kebetulan waktu itu saya akademisi di Universitas Surya (Surya University). Kemudian, mengajukan proposal dengan TNI untuk buat produk yang diinginkan," katanya. (eka)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Safruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help