TribunLampung/

Warga Keluhkan Pelayanan Ambulans di Puskesmas Bakauheni

Pelayanan ambulans di Puskesmas Rawat Inap Bakauheni dikeluhkan masyarakat. Warga menilai selama ini pelayanan ambulans puskesmas kurang maksimal

Warga Keluhkan Pelayanan Ambulans di Puskesmas Bakauheni
Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo
ambulans 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BAKAUHENI - Pelayanan ambulans di Puskesmas Rawat Inap Bakauheni dikeluhkan masyarakat.

Warga menilai selama ini pelayanan ambulans puskesmas kurang maksimal.

Sebagai wilayah kecamatan yang dilalui dua jalur jalan lintas Sumatera (Jalinsum dan Jalinpatim), angka kecelakaan lalulintas di kecamatan ujung timur Kabupaten Lampung Selatan itu cukup tinggi.

Tidak jarang saat terjadi kecelakaan, kehadiran ambulans dari puskesmas rawat inap sedikit terlambat tiba di lokasi kejadian.

Begitu juga saat hendak dilakukan rujukan ke RSUD Bob Bazar, ambulans sering kali terlambat karena tidak adanya sopir pada saat itu atau alasan rusak.

“Seringkali saat pasien butuh, ambulans tidak bisa digunakan dengan berbagai alasan,” ujar Burju, salah seorang warga Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni kepada Tribun Lampung, selasa (10/10/2017).

Menurut dirinya, dalam beberapa kasus kecelakaan, justru ambulans milik PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bakauheni yang lebih dahulu datang.

Itu pulalah yang dialaminya saat mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu.

Ia dibawa ke puskesmas dengan menggunakan sepeda motor. Namun saat hendak dirujuk ke RSUD Bob Bazar Kalianda ia menggunakan ambulans milik PT ASDP Cabang Bakauheni.

 “Karena saat itu yang siap ambulans ASDP. Saya lalu diantar menggunakan ambulan ASPD ke RSUD Bob Bazar Kalianda. Korban lainnya baru dibawa menggunakan ambulans milik puskesmas,” kata Burju.

Keheranan lainnya, kata Burju, korban kecelakaan yang menggunakan ambulans puskesmas justru dikenakan biaya ambulan dan penanganan korban.

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: wakos reza gautama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help