TribunLampung/

Video Tribun Lampung

(VIDEO) Eks Kepala Kampung Ditangkap Selewengkan Raskin

Tersangka diketahui tidak menyalurkan beras bantuan pemerintah tersebut selama enam bulan

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNGTENGAH - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lampung Tengah, tangkap mantan kepala kampung (Kakam) Negara Bumi Ilir, Anak Tuha, dengan insial AR.

Tersangka diringkus atas dugaan penyelewengan beras untuk rakyat miskin (Raskin) di daerahnya pada tahun 2013 lalu sebanyak 31.770 kilogram.

Kepala Satreskrim Polres Lamteng, Ajun Komisaris Resky Maulana, saat menggelar ekpose perkara, Rabu (11/10) menyatakan, alokasi beras tersebut dengan rincian 5295 kilogram per bulannya.

Tersangka diketahui tidak menyalurkan beras bantuan pemerintah tersebut selama enam bulan.

"Beras tersebut tidak dibagikan selama enam bulan, yaitu alokasi Raskin Bulan Mei, Juni, Juli, Agustus, Raskin 13 dan Raskin 14. Beras raskin tersebut diselewengkan untuk kepentingan pribadinya," terang Resky.

Terkait penyelewengan itu, Resky menyatakan berdasarkan laporan sejumlah masyarakat yang tidak menerima bantuan saat periode kepemimpinannya.

Tersangka selama ini melarikan diri dari kampungnya sejak dua tahun terakhir, dan akhirnya ditangkap Senin (9/10) lalu saat kembali ke kampungnya.

Dari jumlah beras yang diselewengkan AR, negara mengalami kerugian lebih kurang Rp 195 juta.

Pihaknya juga tidak menemukan indikasi lain adanya pihak lain yang menerima atau terlibat dalam proses penggelapan tersebut.

Barang bukti yang diamankan antara lain, sejumlah dokumen pendistribusian dari Bulog, rekening transfer ke Bank BRI, serta bukti transfer Bulan Mei, Juni, Juli, Agustus, dan Raskin 13, dan 14.

Penulis: syamsiralam
Editor: wakos reza gautama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help